Logo BeritaSatu

Kemenpora Ingin Samakan Persepsi soal Sistem Bubble dan Diskresi Olahraga

Jumat, 21 Januari 2022 | 13:00 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ingin menyamakan persepsi sistem gelembung (bubble) dan diskresi atau dispensasi karantina pelaku olahraga dari luar negeri bersama pihak terkait seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau Satgas Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Plt Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Jonni Mardizal mengatakan persamaan persepsi itu penting dilakukan dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan para pimpinan lainnya, agar tidak ada kesalahpahaman. Kegiatan event olahraga harus tetap berjalan tanpa harus melanggar undang-undang atau peraturan kekarantinaan.

"Makanya kita para pengambil kebijakan perlu duduk bersama untuk menyamakan persepsi karena kami juga tak mau langgar undang-undang dan aturan yang berlaku untuk event olahraga," katanya ketika dihubungi Beritasatu.com, Jumat (21/1/2022).

Kemenpora juga, lanjut Jonni, tidak ingin pelaku olahraga terkontaminasi atau terpapar virus Covid-19 termasuk varian Omicron. Maka dari itu sistem bubble adalah jawabannya.

Jadi saat para pelaku olahraga seperti atlet, pelatih dan ofisial dari luar negeri mendarat di Indonesia, mereka melakukan tes swab PCR, lalu langsung menuju hotel yang telah ditetapkan untuk sistem gelembung, bisa juga ke tempat latihan sebagai persiapan untuk pertandingan.

Jadi pelaku olahraga berada di dalam suatu wilayah khusus dan tidak boleh keluar dari wilayah tersebut, namun mereka tetap bisa berlatih olahraga. Mereka tetap karantina, tetapi dengan sistem bubble atau karantina bubble.

Konsep karantina wilayah ini sudah pernah dilakukan saat penyelenggaraan event Indonesia Badminton Festival (IBF) di Bali pada November-Desember 2021 dan dinilai berhasil.

"Sistem bubble di Indonesia ini sebenarnya sama dengan yang dilakukan negara lain, seperti di Singapura, Dubai, Tajikistan, dan negara lainnya. Beberapa federasi olahraga Indonesia atau cabor-cabor kita sudah melakukan sistem bubble saat berlaga di luar negeri dan itu aman dari Covid-19," ungkap Jonni.

Maka dari itu, pihaknya juga bingung dengan sikap keberatan dari Dorna Sports akan sistem bubble Indonesia. Dari informasi yang didapatkan, pihak mereka (Dorna Sports) salah tanggap terkait karantina.

"Masa karantina umum selama 7 hari ini kan berbeda dengan sistem bubble untuk pelaku olahraga. Sistem bubble ini sama sekali tidak mengganggu aktivitas latihan terpusat dan tetap terkontrol. Makanya kita pemerintah perlu duduk bersama menyamakan persepsi," urai dia.

Jonni menegaskan, Kemenpora mendukung langkah BNPB atau Satgas Penanganan Covid-19 dan Kemenkes dalam menyelesaikan kasus COvid-19 di Indonesia. Namun di satu sisi, event kejuaraan olahraga harus tetap berjalan tanpa bertentangan dengan aturan yang ada.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang Balapan Formula E

Formula E yang bernama resmi ABB FIA Formula E World Championship, adalah kejuaraan motorsport satu tempat duduk untuk mobil listrik.

SPORT | 24 Mei 2022

Putra Nababan Ungkap Proses Naturalisasi Marques Bolden Cs

Putra Nababan mengenang proses naturalisasi Marques Bolden dan kawan-kawan ke Tim Nasional (timnas) Basket Indonesia. 

SPORT | 23 Mei 2022

Puan Maharani Ingin Cabang Mother of Sport Lebih Unjuk Gigi

Ketua DPR Puan Maharani berharap prestasi Indonesia pada cabang mother of sport atau ibu dari olahraga, seperti atletik dapat lebih unjuk gigi.

SPORT | 23 Mei 2022

Puan Bangga Timnas Basket Putra Indonesia Ukir Sejarah

Ketua DPR Puan Maharani merasa senang, karena Timnas Basket Putra Indonesia berhasil mengukir sejarah pada SEA Games 2021 di Vietnam.

SPORT | 23 Mei 2022

Juara Liga Inggris City Samai Rekor Manchester United

Manchester City di bawah Pep Guardiola telah memenangi Liga Inggris keempat kalinya dalam lima musim terakhir, menyamai MU.

SPORT | 23 Mei 2022

Daihatsu Indonesia Masters 2022 Siap Digelar 7-12 Juni 2022

Daihatsu kembali menjadi sponsor utama untuk kelima kalinya sejak 2018 dalam mengadakan turnamen bulu tangkis Daihatsu Indonesia Masters 2022.

SPORT | 23 Mei 2022

Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021, Ini Kata Menpora

Kontingen Indonesia menempati peringkat tiga SEA Games 2021 dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri atas 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu.

SPORT | 23 Mei 2022

Tinju Raih 5 Medali, Pertina Apresiasi Perjuangan Atlet di SEA Games

Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (purn) Komaruddin Simanjuntak bangga kepada enam petinju yang turun bertanding di SEA Games 2021.

SPORT | 23 Mei 2022

Setelah SEA Games, Timnas Basket Fokus ke FIBA Asia Cup

Setelah emas SEA Games 2021, Perbasi akan fokus mempersiapkan tim ke FIBA Asia Cup diman Indoensia menjadi tuan rumah pada 12-24 Juli 2022.

SPORT | 23 Mei 2022

Pelatih Basket Filipina Ungkap Kunci Kemenangan Indonesia

Pelatih basket putra tim Filipina Chot Reyes mengungkapkan kunci kemenangan tim Indonesia di ajang SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022).

SPORT | 23 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Siloam Hospitals Manado Ingatkan Pentingnya Hidup Sehat

Siloam Hospitals Manado Ingatkan Pentingnya Hidup Sehat

NEWS | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings