Logo BeritaSatu

Temuan 10 Kasus Covid-19, IBL Janji Transparan

Minggu, 30 Januari 2022 | 16:57 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com- Manajemen Liga Bola Basket Indonesia (IBL) berkomitmen untuk mengutamakan prinsip transparansi dalam penanganan kasus Covid-19. Hal ini menyusul makin meluasnya kasus Covid-19 yang terjadi di antara para pemain dan staf klub.

IBL pada Minggu (30/1/2022 melaporkan setidaknya 10 kasus Covid-19 yang menginfeksi sejumlah pemain maupun staf klub liga bolabasket profesional Tanah Air itu.

Advertisement

Hingga kini, ada tiga klub yang pemainnya terkonfirmasi positif Covid-19, yaitu Satria Muda Pertamina Jakarta, Indonesia Patriots dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Kondisi tersebut memaksa sejumlah pertandingan harus ditunda.

Meski demikian, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah optimistis badai Covid-19 di antara para pemain tidak akan makin meluas karena pihaknya berkomitmen untuk menerapkan prinsip transparansi, termasuk mengungkap nama-nama yang terpapar.

“Dengan pengalaman IBL musim 2021, transparansi menjadi penting, baik kepada tim peserta maupun publik, sebab kita harus tahu apa yang terjadi dengan sekeliling kita, siapa saja yang terpapar perlu disampaikan,” ungkap Junas dalam jumpa pers virtual yang diikuti di Jakarta, Minggu (30/1/2022).

Menurutnya jika tidak disampaikan, khawatir akan menjadi pertanyaan, dan jadi kekhawatiran berlebihan.

Junas juga menjelaskan bahwa pertandingan akan dijadwal ulang dan dilanjutkan apabila pemain lain dalam satu tim dinyatakan negatif Covid-19.

Artinya, meski ada beberapa pemain yang positif virus corona dalam satu tim, klub tersebut masih bisa bertanding jika pemain lainnya sudah melewati tes screening dan dinyatakan negatif Covid-19.

“Jika ditemukan satu kasus, lalu di-assess dan ada potensi menyebar, kami akan tangguhkan gimnya. Akan tetapi, apabila sudah di-assess dan pemain dinyatakan negatif setelah dilakukan skrining, maka dia bisa bermain,” jelas Junas.

Dua pertandingan yang dijadwalkan digelar hari ini, yang mempertemukan Pelita Jaya dan Satya Wacana Salatiga serta Indonesia Patriots dan NSH Mountain Gold Timika, diputuskan ditunda.

Dari 28 personel Indonesia Patriots, tujuh di antaranya positif terpapar virus corona. Mereka adalah Ali Bagir Wayarabi Alhadar, AA Gede Bagus, Victory Lobbu, Serigne Modou Kane, asisten pelatih Ricky Gunawan, manajer tim Jamin Matotoran dan Renny Dwi Chandrawati.

Adapun dua pebasket Pelita Jaya yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah Govinda Julian Saputra dan Fernando Fransco Manansang. Namun beberapa personel Pelita Jaya kini juga dalam pengawasan khusus tim dokter dan satgas Covid-19 dari IBL.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BWF World Championship: 65.000 WNI di Jepang Siap Beri Dukungan ke Pemain

Kontingen bulutangkis Indonesia akan bertanding pada BWF World Championship 2022 pada 22-28 Agustus di Tokyo Metropolitan Gymnasium.

SPORT | 19 Agustus 2022

Princess Mary Kuasai Klasemen Golf Simone Asia Pacific Cup

Princess Mary Superal merebut posisi puncak leaderboard round kedua turnamen Simone Asia Pacific Golf di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Jumat (19/8/2022).

SPORT | 19 Agustus 2022

One Championship Sajikan Duel Trilogi Xiong Jing Nan Lawan Angela Lee

Duel Xiong Jing Nan melawan Angela Lee diprediksi sengit karena dalam dua pertemuan mereka sebelumnya di One Championship pernah saling mengalahkan.

SPORT | 19 Agustus 2022

PCI dan ICC Pamerkan Trofi Piala Dunia Kriket di Bali dan Jakarta

Trofi Piala Dunia Kriket sudah dipamerkan di Bali selama dua hari yakni 16-17 Agustus dan di Hotel The Ritz Carlton, Kuningan Jakarta.

SPORT | 18 Agustus 2022

So Yeon Ryu Pimpin Turnamen Golf Simone Asia Pacific Cup

Pegolf So Yeon Ryu dari Korea Selatan langsung melesat ke puncak klasemen sementara turnamen golf Simone Asia Pacific Cup dengan 65 pukulan.

SPORT | 18 Agustus 2022

BWF World Championship: Dua Ganda Putri Diharapkan Bisa Raih Medali

Pasangan Ribka Sugiarto/Siti Fadia dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi diharapkan bisa raih medali di BWF World Championship.

SPORT | 18 Agustus 2022

LeBron James Perpanjang Kontrak Dua Tahun di Lakers

Kesepakatan itu sudah termasuk opsi musim 2024-2025, di mana LeBron James berkesempatan tampil bersama putranya Bronny yang kini berusia 17 tahun.

SPORT | 18 Agustus 2022

Hasil Musorprov KONI DKI Jakarta Digugat ke BAORI

Musorprov (Musyawarah Olah Raga Provinsi) pada 12 Maret 2022 digugat ke BAORI (Badan Arbitrase Olah Raga Indonesia).

SPORT | 17 Agustus 2022

Ini Cara Pembalap Cilik Abyan Aqila Rayakan HUT RI

Pembalap cilik Abyan Aqila merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia, pada Rabu (17/8/2022) dengan mengibarkan bendera Merah Putih di Sirkuit Sentul.

SPORT | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI Jadi Momentum Bangkitkan Kejayaan Olahraga Indonesia

Tema HUT KE-77 Kemerdekaan RI: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat sangat berkaitan dengan kondisi olahraga Indonesia saat ini.

SPORT | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

Kemendagri: Percepat Realisasi APBD Tahun Anggaran 2022

NEWS | 6 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings