ESDM Memaknai Liburan Natal dan Tahun Baru

Opini: Sampe L Purba

Penulis adalah praktisi dan profesional migas global, serta pemerhati hukum.

Sabtu, 22 Desember 2018 | 10:09 WIB

Masih ingat foto viral Dirut Kereta Api Indonesia Ignasius Jonan yang tertidur kecapaian di gerbong kereta ekonomi demi memastikan kenyaman pelayanan kepada pemudik musim liburan beberapa tahun lalu? Ternyata kebiasaan kerja maraton bak banteng ketaton tersebut terbawa juga ketika Jonan memimpin kementerian, baik di Kementerian Perhubungan maupun Kementerian ESDM saat ini. Get things done.

Indonesia setidaknya memiliki dua musim mudik besar rutin, yaitu Lebaran dan Natal yang terangkai dengan Tahun Baru. Puluhan juta orang pada rentang sekitar dua tiga minggu, tumpek blek di jalanan bermigrasi menggunakan berbagai moda transportasi, mulai dari sepeda motor, kereta api, kendaraan penumpang umum, kapal laut, hingga pesawat terbang. Imbas langsungnya terbaca pada pola permintaan BBM, pulsa, dan listrik, termasuk concern keamanan.

Pembangunan jalan tol, terminal, prasarana pelabuhan dan bandara hingga ke pelosok-pelosok yang dikerjakan secara masif di bawah program infrastruktur pemerintahan Jokowi-JK merupakan hardware yang memudahkan lalu lintas orang, barang, dan komunikasi. Tidak lagi terdengar orang terpaksa berlebaran atau ber-old and new di kemacetan jalan, sesuatu yang puluhan tahun merupakan rutinitas berita. Dukungan software berupa pelayanan dan penunjang kebutuhan operasional lekat di balik kisah sukses itu.

Dalam mengisi ruang software inilah, Kabinet Kerja dan jajarannya diharapkan memberikan pelayanan ekstra agar festival mudik rakyat berlangsung nyaman. Mereka kudu mengorbankan liburnya, menahan kantuk dan dingin di ruang sepi, demi memastikan pelayanan terbaik. Itulah wujud revolusi mental bagi para aparatur sipil negara (ASN) dan petugas siaga.

Menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru, Menteri ESDM Ignasius Jonan membentuk posko yang meliputi jajaran kementerian ESDM beserta stakeholder sektor, seperti BPH Migas, Pertamina, PLN dan PGN. Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa bertindak sebagai penanggung jawab posko nasional. Penanggung jawab harian dipegang Direktur BBM, Patuan Alfon S.

Selaku penanggung jawab posko nasional, Fanshurullah dengan lincah dan efektif mengoordinasikan anggotanya, termasuk menjalin sinergisme dengan instansi terkait, seperti Kepolisian, BIN, Kementerian PUPR, dan Kementerian Perhubungan. Latar belakangnya sebagai pengusaha, aktivis, dan politisi sejak muda mewarnai irama kerja di posko yang berjalan efektif dengan dukungan komitmen anggota yang senantiasa ceria.

Kalau berkunjung ke markas posko di bilangan Mampang, Jakarta, Anda akan melihat anak-anak muda yang berhadapan dengan layar komputer serta alat komunikasi, terhubung dengan seluruh titik-titik pantau di Indonesia, mulai dari kota hingga kawasan terpencil. Pegawai dan karyawan sektor bekerja di lapangan dan selalu siaga, tak terkecuali para pimpinan. Para petugas dibagi dalam beberapa waktu kerja, sementara para pimpinan posko dan satgas memiliki hot line yang siap 24 jam.

Posko menyampaikan update laporan harian ke menteri ESDM dan eselon pimpinan, meliputi pengendalian dan pemantauan kelancaran distribusi BBM, LPG, gas bumi, kelistrikan dan antisipasi potensi bencana geologi. Jejak Fanshurullah sebagai dosen, konsultan dan peserta terbaik pendidikan Lemhannas, dapat terbaca dari laporan hariannya yang lugas, komprehensif, dan antisipatif.

Ignasius Jonan--menteri sipil yang sangat pas dalam balutan seragam ala militer--tetap hadir dan terjun ke lapangan. Jadwal blusukan-nya superpadat: pagi hari di penyeberangan feri, siang berada di jalur tol, sore sidak di terminal BBM, dan malam memantau gunung api. Belum lagi hingga larut malam masih menganalisis lalu lintas berita dan memberi instruksi lewat jalur WhatsApp. Pagi hari, tak lupa pula menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada staf dan siang hari hadir di berbagai event, termasuk ke Istana untuk rapat kabinet atau konsultasi terbatas.

Rasanya tidak berlebihan kalau Jonan ditahbiskan sebagai menteri yang workaholic, tegas, tetapi humanis serta cair berkomunikasi dengan pers. Entah ginseng atau ramuan rahasia apa yang mampu menjaga stamina dan keseimbangannya itu.

Jonan selalu menebar energi positif. Sesungguhnya, pimpinan yang bertindak dengan contoh, melayani dengan hati, serta memotivasi pasukan up to the utmost limit, itulah the real leader. Leader yang mencetak dan mengader leader.

Natal dan Tahun Baru telah di depan mata. Infrastruktur yang memberi kenyamanan pemudik telah dibangun. Di sana-sini masih banyak yang terus dikerjakan. Pekerjaan masif dan mulia ini memerlukan konsistensi dalam kebijakan, implementasi, dan dukungan masyarakat. Kementerian dan lembaga di bawah peerintahan Jokowi-JK siap memberikan dukungan dan pelayanan terbaik.

Para pemudik agar berhati-hati dan mengutamakan selamat. Selamat merekatkan jalinan silaturahmi dengan rekan, keluarga, dan handai tolan. Posko ESDM--sebagai subsistem dari posko nasional--, siaga membantu dan melayani.

CLOSE