Logo BeritaSatu

Pentingnya Work Life Balance dalam Sistem Pemerintahan Indonesia

Opini: Ahmad Rafif Hubeis
Saat ini tengah menempuh studi Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia.

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:35 WIB

Work-life balance merupakan sebuah istilah yang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini khususnya di dalam dunia pekerjaan. Banyak sekali penjelasan mengenai definisi akademis dari istilah work life balance itu sendiri,Hayman pada tahun 2005 menjelaskan bahwa work-life balance merupakan konstruk yang menjelaskan persepsi individu terhadap adanya keseimbangan yang terjadi di dalam dirinya yang ditinjau dari kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Generasi milenial sangat membutuhkan hubungan mereka dengan keluarga, teman dan juga lebih tertarik membuat pekerjaan mereka dengan kehidupan pribadinya. Apabila dijelaskan secara sederhana sebenarnya work-life balance merupakan suatu kondisi di mana seorang pegawai bisa mengatur waktu kerja mereka dengan kebutuhan pribadinya secara seimbang.

Dengan adanya keseimbangan waktu yang baik, pegawai diharapkan akan mampu untuk meningkatkan kinerja mereka untuk lebih produktif dan berkinerja tinggi, selain itu itu pegawai juga jauh akan lebih bahagia dan kreatif karena kegiatan di luar kantornya akan mendukung pola pikir serta pertumbuhan pegawai.

Banyak perusahaan swasta telah menerapkan sistem work-life balance dalam perusahaannya untuk meningkatkan kepuasaan pegawai mereka dalam bekerja. Berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh Corporate Executive Board terhadap pekerja di Amerika telah menunjukan adanya korelasi antara work life balance dengan tingkat kepuasan kerja pegawai.

Survei tersebut menunjukan 21% pegawai lebih produktif ketika mereka memiliki keseimbangan kehidupan dan pekerjaan yang cukup.

Penerapan work-life balance ini seharusnya sudah mulai untuk diterapkan dalam sistem pemerintahan di Indonesia terutama dengan berkembangnya teknologi saat ini yang telah memberikan banyak kemudahan bagi manusia untuk bekerja.

Dengan adanya sistem automasi yang jauh berkembang dan pelaksanaan koordinasi antar pegawai yang saat ini dengan mudah dapat dilakukan secara daring menjadi sebuah patokan bahwa semua karyawan dapat melakukan pekerjaannya dari mana saja dan kapan saja yang pada akhirnya banyak pegawai yang mengeluhkan jam kerjanya atau biasa disebut dengan
overworked.

Pelaksanaan work from home (WFH) sejak munculnya pandemi Covid-19 menjadi awal isu naiknya istilah work-life balance di kalangan pegawai, karena mereka kesulitan dalam mengatur batas waktu kerja mereka sehingga seluruh tenaga mereka
teralihkan hanya untuk pekerjaanya saja.

Sehingga, penting sekali dalam sistem pemerintahan Indonesia untuk mulai memperhatikan work-life balance para pegawainya
sehingga pada akhirnya akan memberikan output yang baik, yaitu:

1. Kerja lebih produktif
Dengan pembagian jam kerja dan waktu beristirahat seimbang maka seorang pegawai dapat bekerja secara lebih fokus dan efisien,tentu berbeda dengan kita yang memaksakan untuk bekerja namu tanpa memperhatikan kegiatan atau aktivitas lain,maka hasil dari kinerjanya pasti tidak akan maksimal.

2. Lebih kreatif
Jika kita memiliki waktu untuk berekreasi,berkumpul dan beristirahat kita akan menjadi rileks dan kreatif,sebaliknya jika waktu kita habiskan hanya untuk bekerja tubuh kita akan kehabisan tenaga untuk berpikir yang lebih kreatif atau biasanya disebut dengan burnout yang pada akhirnya membuat kita mengalami kebuntuan dalam berpikir.

3. Lebih bahagia
Jika kita bekerja dengan pembagian waktu yang benar maka kita akan lebih mudah mencapai target yang kita inginkan dan merasa lebih bahagia, dengan kepuasaan yang dirasakan saat mencapai hasil yang kita inginkan akan memberikan rasa bahagia pada diri kita sendiri.

4. Hubungan yang lebih baik
Manfaat dari work-life balance yang utama adalah untuk memberikan hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar kita mulai dari teman kantor,atasan kita, keluarga dan kerabat kita.Maka dari itu manusia sebagai makhluk sosial memerlukan adanya waktu untuk mereka bersosialisasi karena itu menjadi salah satu faktor penopang kesuksesan, oleh karena
itu lakukan yang terbaik dalam menciptakan keseimbangan.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN



TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Baru Dibuka, IHSG Langsung Terjungkal 1%

Baru Dibuka, IHSG Langsung Terjungkal 1%

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings