Logo BeritaSatu

KTT SCO Samarkand: Dialog dan Kerja Sama di Dunia yang Saling Terhubung

Opini: Shavkat Mirziyoyev
Shavkat Mirziyoyev merupakan Presiden Republik Uzbekistan.

Senin, 12 September 2022 | 17:49 WIB

Kepemimpinan Uzbekistan di Shanghai Cooperation Organization (SCO) terjadi di masa yang dinamis, penuh dengan peristiwa dan tren – sebuah masa “historical rift”, di mana sebuah era berakhir dan memasuki era baru – sejauh ini tidak dapat diprediksi dan diketahui.

Sistem modern kerja sama internasional, berdasarkan prinsip dan norma universal, mulai goyah. Salah satu penyebabnya adalah krisis kepercayaan di tingkat dunia yang menyebabkan konfrontasi geopolitik serta menghidupkan kembali risiko stereotip pemikiran blok. Proses saling mengalienasi memperumit kembalinya ekonomi dunia ke arah pembangunan sebelumnya dan pemulihan rantai pasokan global.

Konflik bersenjata yang berlangsung di berbagai wilayah di dunia mendestabilisasi arus perdagangan dan investasi, memperburuk masalah keamanan pangan dan energi. Belum lagi permasalahan iklim, sumber daya alam dan air yang semakin langka, penurunan keanekaragaman hayati, serta menyebarnya penyakit menular yang telah mengekspos betapa rentan masyarakat kita yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini mengakibatkan hancurnya barang-barang bersama yang eksistensial, mengancam dasar kehidupan masyarakat, serta mengurangi sumber pendapatan. Di tengah situasi ini, jelas bahwa tidak ada negara yang dapat mencegah atau mengatasi risiko dan tantangan global ini.

Satu-satunya cara untuk keluar dari masalah ini di tengah dunia yang saling terhubung adalah lewat dialog yang konstruktif serta kerja sama multilateral berdasarkan pertimbangan dan menghormati kepentingan semua orang. Di tengah krisis, ketika semua negara baik besar, sedang, kecil harus mengenyampingkan kepentingan sempit dan fokus pada interaksi bersama, bersatu dan menggenjot upaya bersama serta kemungkinan untuk mengatasi ancaman dan tantangan terkait kedamaian, keamanan, serta pembangunan berkelanjutan yang berhubungan dengan kita semua.

Sebuah kerja sama internasional yang efektif dapat membuat dunia lebih stabil, dapat diprediksi, lebih sejahtera. Ini adalah upaya yang paling mungkin dilakukan dan aksesibel untuk mengatasi masalah bersama saat ini, serta sebuah polis asuransi universal dalam menghadapi tantangan dan guncangan masa depan.

Model untuk Kerja Sama Kawasan yang Berhasil
Sebuah kerja sama internasional yang berdasarkan kepentingan semua pihak tidak mungkin diwujudkan tanpa institusi multilateral. Terlepas dari kekurangan tertentu, institusi multilateral bertindak sebagai agen interaksi paling penting antarnegara baik di tingkat kawasan maupun global. Organisasi internasional maupun regional membantu negara-negara untuk mengatasi perbedaan dan memperkuat mutual understanding, membangun kerja sama politik dan ekonomi, memperluas perdagangan dan menggenjot pertukaran budaya dan kemanusiaan.

Ini adalah tujuan dan objektif yang diusung oleh salah satu institusi multilateral termuda yakni SCO. Faktanya, ini adalah sebuah struktur antarnegara yang unik yang telah mampu mempersatukan negara-negara dengan kode budaya dan sipil berbeda, pedoman kebijakan luar negeri sendiri serta model pembangunan nasional masing-masing. Di sebuah masa yang bersejarah dan relatif singkat, SCO telah mengalami kemajuan besar, menjadi sebuah elemen penting dalam tatanan politik dan ekonomi dunia. Kini, keluarga SCO telah menjadi organisasi kawasan terbesar di dunia yang telah menggabungkan wilayah geografis yang luas dan sekitar setengah dari populasi bumi.

Dasar dari daya tarik internasional SCO adalah status nonblok, keterbukaan, serta tidak menargetkan negara pihak ketiga atau organisasi internasional, kesetaraan dan menghormati kedaulatan bersama semua anggotanya, menolak untuk ikut terlibat dalam urusan dalam negeri, serta mencegah konfrontasi politik dan persaingan yang tidak sehat.

Konsep kesuksesan SCO adalah mempromosikan kerja sama multifaset dengan memastikan keamanan kawasan. Bahkan, SCO terpanggil untuk menjadi sebuah pusat daya tarik tanpa garis pemisah, demi kedamaian, kerja sama, serta progres.
Sehingga jumlah negara yang siap bekerja sama dengan SCO terus bertambah setiap tahunnya. Ini terlihat di konteks transformasi sistem modern hubungan internasional dan regional.

Nilai ekonomi SCO ditingkatkan dengan swasembada di wilayahnya di mana terdapat ekonomi yang berkembang secara dinamis dengan potensi SDM, intelek, serta teknologi, serta tingginya volume sumber daya alam yang belum digunakan. Saat ini, total PDB dari negara anggota SCO mencapai seperempat dari angka global. Ini telah menjadi kontribusi yang begitu solid bagi pembangunan berkelanjutan dari organisasi kawasan yang telah melewati ambang batas 20 tahun.

Di dunia yang penuh dengan tantangan dan peluang baru, SCO memiliki prospek yang baik untuk transformasi dan pertumbuhan, tidak hanya lewat pembukaan vector strategis baru yakni transportasi dan konektivitas, energi, keamanan pangan dan lingkungan, inovasi, transformasi digital, dan ekonomi hijau.

Kepemimpinan Uzbekistan: Menuju Keberhasilan Bersama lewat Pembangunan Bersama

Dengan kepemimpinan di SCO, Republik Uzbekistan menerapkan strategi memajukan pengembangan SCO dengan membuka cakrawala baru untuk kerja sama dan meluncurkan penggunaan cadangan dari setiap negara anggota.
Slogan kami adalah “SCO kuat jika setiap dari kita kuat.” Menerapkan ini, kami telah melakukan upaya serius untuk memperkuat organisasi dari dalam dan lebih menarik dari luar ke mitra internasional kami.

Di platform yang menghadirkan lebih dari 80 event besar, sebuah agenda yang komprehensif dibentuk untuk SCO, mulai dari isu terkait perluasan kerja sama di bidang keamanan, memperkuat konektivitas transportasi dan ekonomi, menempatkan organisasi di kancah internasional, serta mencari cara dan titik pengembangan baru.

Semua arah kerja sama yang menjanjikan untuk SCO pada tahap baru perkembangan historisnya tercermin dalam lebih dari 30 program konseptual, perjanjian, dan keputusan yang disiapkan selama periode kepemimpinan kami.

Lebih lanjut, kepemimpinan Uzbekistan di SCO adalah kelanjutan logis dari kebijakan luar negeri yang aktif dan terbuka yang telah kami usung selama enam tahun terakhir. Kebijakan ini telah tertanam di Asia Tengah, geographical core dari SCO, dimana proses positif dan ireversibel penguatan hubungan bertetangga dan kerja sama yang baik sedang berlangsung. Semua negara anggota SCO adalah tetangga terdekat, teman, dan mitra strategis kami.

Kepemimpinan ini telah memberikan kami peluang yang baik untuk semakin mempererat kolaborasi multilateral dan memperluas kerja sama bilateral dengan setiap negara anggota, serta menentukan target baru untuk kerja sama yang lebih mendalam.

Saya begitu yakin ini penting bagi SCO untuk membagikan kisah suksesnya dengan Afganistan. Negara ini sudah menjadi bagian penting di SCO. Masyarakat Afgan membutuhkan tetangga yang baik serta dukungan mereka lebih dari sebelumnya. Ini adalah kewajiban moral untuk membantu mereka, menawarkan langkah-langkah efektif untuk mengatasi krisis yang telah berlangsung bertahun-tahun dengan mendorong pertumbuhan sosioekonomi, integrasinya ke proses pengembangan regional maupun dunia.
Afganistan, yang telah menjadi penyangga di konfrontasi antara kekuatan dunia dan regional selama berabad-abad, perlu mencoba misi kedamaian baru menghubungkan Asia Tengah dan Asia Selatan.

Pembangunan koridor trans-Afgan bisa menjadi simbol sebuah kerja sama antar kawasan yang saling menguntungkan. Dengan menerapkan proyek infrastruktur bersama seperti jalur kereta api Termez-Mazar-i-Sharif-Kabul-Peshawar, kita tidak hanya mengatasi masalah sosioekonomi, transportasi, dan komunikasi, tetapi juga membuat kontribusi yang signifikan untuk memastikan keamanan di kawasan.

Dengan mendekatkan posisi kita satu sama lain, bersama kita bisa mengembangkan sebuah agenda SCO baru untuk mewujudkan Afganistan yang lebih damai, stabil, serta sejahtera. Hanya dengan ini, kita bisa menciptakan ruang SCO yang benar-benar stabil dan berkelanjutan dengan keamanan yang begitu kuat.

Semangat Samarkand - Perwujudan Kerja Sama, Kesepahaman Bersama, dan Persahabatan

Setelah jeda tiga tahun akibat pandemi yang mendisrupsi hubungan perdagangan, ekonomi, dan industri, negara-negara dan masyarakat SCO perlu berkomunikasi secara langsung. Kota tua Samarkand, permata Great Silk Road, siap menyambut pemimpin 14 negara dengan terobosan proposal dan inisiatif baru yang didesain untuk kebaikan dan kesejahteraan SCO dan setiap negara anggotanya.

Tidak diragukan lagi kota legendaris ini akan membuka bab baru bagi kisah sukses SCO. Warisan sejarah Samarkand yang agung akan memberi kontribusi pada hal ini. Selama berabad-abad, kota ini telah menyatukan negara-negara dari Eropa ke Cina, menggabungkan Utara dan Selatan, Timur dan Barat menjadi satu simpul.

Berdasarkan sejarah, Samarkand juga telah menjadi melting pot ide dan pengetahuan yang “memasak” sebuah tujuan bersama untuk hidup lebih baik, sukses, dan bahagia. Sebagaimana diketahui, tetangga yang baik adalah setengah dari kekayaan Anda. Kehadiran Anda sendiri adalah sebuah karunia bagi mereka karena Anda tahu kerja sama, perdagangan, karya, sains, seni, serta ide-ide terbaik bermanfaat, memperkaya, menyatukan negara.

Kualitas unik dari Samarkand yang memiliki infrastruktur yang modern dan berkembang secara dinamis menjadikannya sebuah platform yang paling pas dan dibutuhkan untuk diskusi bersama dalam rangka mengatasi tantangan regional maupun global.

Integritas dan interkonektivitas antarumat manusia yang sedemikian rupa menjadikan sebagian besar tantangan membutuhkan kerja bersama tidak hanya di tingkat regional, tetapi juga di global.

Dengan pengalaman kami dalam bekerja sama, kami yakin KTT SCO Samarkand bisa memberikan contoh bagaimana kami meluncurkan dialog baru dan inklusif berdasarkan prinsip saling menghormati, kepercayaan dan kerja sama konstruktif demi keamanan dan kesejahteraan bersama. Samarkand bisa menjadi platform yang mempersatukan dan merujukan negara-negara dengan prioritas kebijakan luar negeri yang berbeda.

Secara historis, dunia melihat Samarkand sebagai sesuatu yang satu dan tak dapat dipisahkan, bukan terfragmentasi. Ini adalah inti dari fenomena unik “semangat Samarkand” yang bisa bertindak sebagai basis format interaksi internasional, termasuk dalam SCO.

“Semangat Samarkand” didesain untuk melengkapi “semangat Shanghai” yang karenanya, negara-negara kami memutuskan untuk membentuk organisasi baru dan yang begitu dicari. Oleh karena itu, kami yakin di Samarkand, kami akan menyaksikan kelahiran sebuah tahap baru di kehidupan SCO – jumlah anggotanya akan bertambah, agenda SCO ke depannya akan dibentuk, serta ini sangatlah simbolis.

Kami sangat optimistis dan yakin keputusan yang dihasilkan di KTT SCO akan memberikan kontribusi nyata pada penguatan dialog, kesepahaman bersama, dan kerja sama baik di tingkat kawasan maupun global.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN



TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lapis Kukus Pahlawan Berdayakan Ratusan UMKM di Surabaya

Lapis Kukus Pahlawan Berdayakan Ratusan UMKM di Surabaya

LIFESTYLE | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings