Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Keuntungan Kendaraan Listrik, Lebih Irit hingga Dapat Insentif

Selasa, 22 November 2022 | 07:14 WIB
Oleh : Agnes Valentina Christa / WBP
Pengisisan batreai mobil listrik Hyundai Ionic 5 yang parkir di pengisian daya baterai di halaman Komplek DPR RI, Jakarta.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menggunakan 40 kendaraan listrik sebagai mobil dinas. Menhub membeberkan keuntungan menggunakan kendaraan listrik dibanding konvensional.

"Sekitar 30-40 kendaraan listrik sudah ada di Kemenhub," ungkap Budi saat ditemui Beritasatu.com di Commodity Square, Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022).

Dalam acara Obrolan Malam di BTV, Budi mengungkapkan dirinya telah menggunakan kendaraan listrik sebagai transportasi dalam mobilitas sehari-hari.

Budi mengatakan ada tiga keuntungan selama menggunakan mobil listrik. Pertama, tidak ada suara dan lebih halus. Kedua, tarikannya lebih cepat dibanding mobil konvensional biasa. Ketiga, pengeluaran harian untuk bahan bakar lebih murah dari mobil konvensional.

Ia menuturkan dana yang dikeluarkan untuk membeli mobil listrik memang cukup mahal, tetapi untuk pengeluaran hariannya lebih murah. "Bensin atau listrik itu cuman 10% atau 20%. Jadi kalau mobil BBM sehari biasa kita pakai 30 liter dikali Rp 10.000 sudah berapa? Sementara mobil listrik tidak sampai Rp 50.000, perbedaan cost yang kita keluarkan harian itu selisihnya banyak," tutur Budi.

Selain hemat pengeluaran, Budi menyatakan pengguna kendaraan listrik diuntungkan dengan insentif pemerintah. "Insentif bagi pengguna kendaraan listrik adalah bebas ganjil genap. Yang tadinya harus punya dua mobil, cukup satu mobil," kata Budi.

Kedua, DKI Jakarta akan memberikan tarif khusus mengenai biaya parkir bagi pengguna kendaraan listrik. Ketiga, pajak yang dikenakan lebih murah. "Tahun depan akan ada subsidi dalam bentuk tunai bagi mereka yang membeli," jelas Budi.

Terkait besaran anggaran subsidi, Budi mengatakan hal tersebut masih dalam proses. "Besarannya lagi digodok," imbuh Budi.

Budi mengaku puas menggunakan mobil listrik. Dia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

Lebih lanjut, Budi menyatakan harga motor listrik saat ini dinilai sama bahkan lebih murah dibandingkan motor konvensional.
"Motor itu kan harganya kira-kira Rp 15 juta. Mobil listrik sekarang ada yang Rp 12 juta - Rp 14 juta. Jadi harga relatif sama dan mendapat subsidi," tandas Budi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI