Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Alami Pecah Ban, Rifat Sungkar Finis Kelima AXCR 2022

Senin, 28 November 2022 | 18:25 WIB
Oleh : Herman / FER
Pembalap Rifat Sungkar yang tergabung dalam tim Mitsubishi Ralliart berhasil finis di posisi kelima dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang berlangsung pada 21-26 November di Thailand dan Kamboja.

Jakarta, Beritasatu.com - Pembalap Rifat Sungkar yang tergabung dalam tim Mitsubishi Ralliart berhasil finis di posisi kelima setelah mengalami insiden pecah ban dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang berlangsung pada 21-26 November di Thailand dan Kamboja dengan mobil reli Triton.

Dengan jarak total 1.524 kilometer (km), termasuk 637 km special stages (SS), pembalap Chayapon Yotha (Thailand) yang juga mengendarai mobil Triton finis di posisi pertama secara keseluruhan, dengan total waktu 8 jam, 22 menit, dan 42 detik. Pembalap Rifat Sungkar tertinggal 17 menit 14 detik dari pemimpin klasemen.

"Sebetulnya memang di SS dua, itu jalanan 200 km adalah detik pertama saya lihat trek AXCR seperti apa. Segala macam kemungkinan ada, dan sepertinya memang saya kurang beruntung. Di saat itu kita juga tidak sedang push, tetapi karena jalanan ada di mana-mana bisa kita pilih, kejadian ini (pecah ban) ada di km 80," cerita Rifat dalam konferensi pers secara daring, Senin (28/11/2022).

Awalnya, Rifat Sungkar di mobil #118 finis SS1 di posisi keenam setelah rekan setimnya. Dia mengincar posisi yang lebih tinggi, tetapi setelah menderita ban kempes dan kerusakan sasis berikutnya di SS2, dia turun ke posisi kedelapan. Pekerjaan perbaikan tim memungkinkannya untuk melanjutkan reli keesokan harinya, dan ia finis keempat di SS3, kelima di SS4, keempat di SS5, dan ketujuh di SS6, menyelesaikan reli di urutan kelima secara keseluruhan sambil membuktikan ketangguhan Triton.

"Di sini kita bisa menunjukkan bahwa setelah terpental ke belakang sekali (posisi), sebagai anak baru saya bisa tunjukkan dari posisi bawah sampai akhirnya bisa berada di posisi lima. Biasanya yang baru pertama kali ikut, masuk finish saja susah. Inshaallah kita akan balik lebih baik lagi, mudah-mudahan tahun depan kita akan lebih kuat lagi," kata Rifat.

Ajang AXCR 2022 sendiri merupakan pengalaman pertama Rifat. Namun ia merasa yakin ikut rally ini karena didukung kendaraan dan tim yang hebat.

"Saya merasa sangat beruntung sekali dan merasa tersanjung dengan menjadi bagian dari tim ini. Sejujurnya saya tidak punya pengalaman sama sekali. Tetapi saya yakin Mitsubishi punya kendaraan yang hebat dan kami memiliki tim yang kuat, itu bekal dari semuanya," kata Rifat.

Direktur tim Mitsubishi Ralliart Hiroshi Masuoka menyampaikan, untuk AXCR tahun ini, Mitsubishi membangun reliabilitas dan durabilitas Triton yang tinggi dengan menyetel mesin dan sasis, serta memasuki reli dengan spesifikasi yang relatif mendekati mobil produksi.

"Performa luar biasa datang dari para pembalap, yang mampu mengekstraksi performa Triton dan menunjukkan kepada kami beberapa pengendaraan yang hebat, para insinyur yang bekerja setiap hari untuk melakukan penyetelan kendaraan dengan sempurna, semua staf yang memberikan dukungan, dan pengetahuan yang telah dikumpulkan Mitsubishi Motors selama bertahun-tahun," ujarnya.

Hasil keseluruhan kategori mobil di AXCR 2022:

1. Chayapon Yotha (Mitsubishi Triton)
8:22:42

2. Jaras Jaengkamolkulchai (Toyota Hilux Revo)
8:28:29

3. Ikuo Hanawa (Toyota Fortuner)
8:28:34

4. Takuma Aoki (Toyota Fortuner)
8:38:26

5. Rifat Sungkar (Mitsubishi Triton)
8:39:56

6. Tawee Neanna (Isuzu D-Max)
8:51:24



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI