Logo BeritaSatu

Indonesia Sambut Elektrifikasi Industri Otomotif, Tantangannya?

Kamis, 1 Desember 2022 | 12:14 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Di tengah upaya eskalasi kontribusi sebagai basis produksi dan ekspor global, Indonesia menyongsong era elektrifikasi industri otomotif nasional. Kondisi ini menjadi tantangan untuk membuktikan apakah produk otomotif berteknologi tinggi buatan sumber daya manusia (SDM) dalam negeri, dapat berkompetisi mempertahankan performa positif dan keluar sebagai pemenang.

“Transisi kendaraan elektrifikasi yang tidak tertata akan melemahkan posisi Indonesia sebagai basis global industri otomotif. Kehadiran beragam teknologi kendaraan elektrifikasi rendah emisi yang lengkap, melalui pendekatan strategi multi-pathway menjadi kunci keberhasilan Indonesia lebih cepat berkembang dan mengejar posisi sebagai pemain utama produsen serta eksportir kendaraan elektrifikasi di kancah internasional," kata Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Bob Azam dalam seminar nasional tahap ke empat bertema “Strategi Transisi Pengembangan xEV Menuju NZE dan Manajemen Unit in Operation (UIO) di Indonesia" di ITB Bandung Kamis (1/12/2022).

Advertisement

Bob mengatakan roadmap industri otomotif nasional harus disusun dengan memperhitungkan ketersediaan energi, khususnya sumber daya alam (SDA) tidak terbarukan. "Dukungan Pemerintah di sektor transportasi melalui manajemen UIO (Unit in Operations), juga menjadi elemen penting untuk mempertahankan posisi dan kontribusi positif industri otomotif nasional selama lebih dari 5 dekade ini,” ujar Bob.

Pemerintah Indonesia telah memperkuat komitmennya meningkatkan target penurunan emisi karbon hingga 31,89% dengan upaya sendiri (unconditional), dan sebesar 43,20% melalui dukungan dari internasional (conditional) untuk mencapai nol emisi karbon (net zero emission/NZE) pada 2060.

Pada sektor otomotif, berbagai kebijakan terkini terkait elektrifikasi kendaraan tengah digalakkan, baik dengan dukungan fiskal maupun non-fiskal guna memperbesar populasi beragam kendaraan elektrifikasi. Transisi industri otomotif, termasuk rantai pasoknya merupakan strategi yang harus diimplementasikan untuk menjaga posisi Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor otomotif, selain soal bagaimana mengelola kendaraan atau unit kendaraan yang sudah ada selama ini (managing unit in operation/UIO).

Seminar series ke-4 ini diharapkan memberikan peningkatan pengetahuan civitas akademika, mahasiswa serta masyarakat bahwa kontribusi teknologi elektrifikasi dengan pendekatan multi-pathway sesuai kebutuhan konsumen yang beragam dan strategi manajemen UIO yang ada, berperan penting dalam mereduksi emisi untuk mencapai NZE.

Dalam seminar nasional ini, hadir Staf Khusus Menko Perekonomian Bidang Pengembangan Industri dan Kawasan Gusti Putu Surya Wirawan, Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, civitas akademika.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2022 Investasi Industri Otomotif Naik Tembus Rp 25 T

Realisasi investasi industri otomotif sepanjang 2022 mencapai Rp 25,23 triliun naik 5,33% dibanding tahun 2021 sebesar Rp 23,95 triliun.

OTOMOTIF | 6 Februari 2023

Milenial Mulai Minati Motor Listrik Dibanding Konvensional

Motor listrik mulai digemari masyarakat, terutama di kalangan milenial atau pelajar.  Selain hemat dan nyaman, motor listrik juga ramah lingkungan.

OTOMOTIF | 6 Februari 2023

PLN Janjikan Zero Downtime di WSBK 2023 Mandalika

Ajang WSBK tahun 2023 akan digelar di tanggal 3-5 Maret 2023 mendatang.  PLN kembali mempersiapkan skema Zero Downtime, layanan listrik tanpa kedip.

OTOMOTIF | 6 Februari 2023

Kemenhub: Perkembangan Mobil Listrik Cerah Ditopang SPKLU

Perkembangan mobil listrik dan motor listrik termasuk ekosistemnya makin bagus sejalan dengan pembangunan berbagai fasilitas pendukung.

OTOMOTIF | 3 Februari 2023

Kuasa Hukum Optimistis Richard Eliezer Akan Divonis Ringan

Kuasa hukum optimistis Bharada Richard Eliezer atau Bharada E akan divonis ringan karena statusnya sebagai justice collaborator perkara pembunuhan Brigadir J.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Produsen Eropa Jajaki Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Kemenperin telah menerima utusan pabrikan otomotif dari Eropa yang berniat membangun pabrik mobil listrik di Indonesia.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Insentif Pemerintah Tingkatkan Penjualan Mobil Listrik 30%

Insentif kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang tengah dibahas pemerintah tak hanya terbatas pada mobil listrik dan motor listrik, tetapi juga bus.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Tunggu Subsidi, Calon Pembeli Tunda Rencana Beli Motor Listrik

Banyak calon pembeli yang menunda rencana membeli motor listrik setelah mendengar wacana subsidi motor listrik.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Dukung Mobil Listrik, 1.273 SPKLU Akan Hadir di 2023

PT PLN pada tahun 2023 memproyeksikan bisa berkolaborasi untuk menghadirkan 1.273 SPKLU dari saat ini 588 unit.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Kendaraan Listrik Akan Dapat Insentif, Mulai Potongan Harga hingga SPKLU

Kendaraan listrik akan mendapat insentif dari pemerintah berupa potongan tarif kepada badan usaha yang menggarap SPKLU.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE