Juli, Grand Livina jadi Produk Nissan Paling Laku di Indonesia

Juli, Grand Livina jadi Produk Nissan Paling Laku di Indonesia
Nissan Indonesia meluncurkan varian terbaru MPV andalannya, Evalia, di Jakarta, 5 Maret 2013. ( Foto: Cinta Marezi/ Beritasatu.com )
Arsito Hidayatullah Selasa, 13 Agustus 2013 | 14:10 WIB

Jakarta - Penjualan mobil produk-produk Nissan di Indonesia masih menunjukkan angka yang kuat, setidaknya berdasarkan data Juli 2013. Hal ini membawa optimisme bagi pihak Nissan, kendati angka penjualan di kawasan Asia-Pasifik bulan lalu dilaporkan menurun 8,2% dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Berdasarkan rilis dari pihak Nissan hari ini, Selasa (13/8), all-new Grand Livina yang baru saja diluncurkan pada Mei lalu, masih menjadi yang paling laku di Indonesia, dengan angka penjualan (Juli) mencapai 3.410 unit. Sementara dua nama lainnya, yaitu March (770 unit) dan Evalia (740 unit), juga tercatat memiliki angka penjualan yang bagus.

"Market share kami di kawasan ini (Asia-Pasifik) pada Juli adalah 6%, yang masih sejalan dengan rencana bisnis paruh periode kami. Dengan banyak produk baru lagi akan diluncurkan beberapa bulan ke depan, saya optimistis kami akan mencatatkan peningkatan penjualan," ungkap Takayuki Kimura, Wakil Presiden Nissan untuk kawasan Asia-Pasifik.

Sekadar catatan, data penjualan produk Nissan untuk Asia-Pasifik ini sendiri tidak memasukkan tiga negara besar yaitu Jepang, China, serta India. Sementara itu, tiga negara selain Indonesia yang dilaporkan di sini adalah Malaysia, Thailand, serta Australia.

"Perbaikan angka penjualan di segmen mobil sub-compact di Thailand khususnya, (juga) menunjukkan bahwa dampak ditutupnya program insentif pembeli mobil perdana sudah kurang berpengaruh," tambah Kimura.

Penjualan produk Nissan di Thailand memang dilaporkan terus membaik, dengan Almera (2.440 unit) dan March (960 unit) tercatat memimpin angka penjualan. Sementara untuk Malaysia, pihak Nissan antara lain melaporkan bahwa Edaran Tan Chong Motor telah membukukan penjualan Juli terbaiknya sejauh ini, dengan angka 5.010 unit atau naik 59% dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Secara khusus di Malaysia, Nissan juga mencatat bahwa produk Serena S-Hybrid yang baru saja diluncurkan Juli kemarin, telah di-booking oleh lebih dari 1.000 calon pembeli. Angka penjualan kuat lainnya pun dicatatkan oleh Almera, dengan 3.200 unit terjual pada Juli 2013.

Sementara itu di Australia, Pulsar tercatat sebagai yang palig laku Juli lalu, dengan 1.120 unit terjual bulan itu. Disusul kemudian oleh Navara (940 unit) dan Dualis (940 unit), sebagai tiga kontributor utama angka penjualan produk Nissan di negara tersebut.

Nissan adalah perusahaan otomotif kedua terbesar di Jepang, yang merupakan juga bagian dari Renault-Nissan Alliance. Bermarkas di Yokohama, perusahaan yang secara global mempekerjakan sekitar 236.000 pegawai ini, pada tahun fiskal 2012 lalu mencatatkan angka penjualan sebesar US$116,16 miliar (sekitar Rp1.194,9 triliun).

Sumber: PR