Berpetualang dengan Sepeda Motor, Kenapa Tidak?

Berpetualang dengan Sepeda Motor, Kenapa Tidak?
Ilustrasi traveling menggunakan motor. ( Foto: Istimewa )
Rizky Amelia / CAH Senin, 8 Juni 2015 | 21:18 WIB

Jakarta - Ingin jalan-jalan keliling Indonesia namun memiliki dana terbatas? Hal itu bukan menjadi masalah lagi. Kini, acara jelajah keindahan negeri bisa dilakukan dengan modal yang tidak menguras tabungan. Mau tahu caranya? Ikuti kisah Rijal Fahmi Mohamadi, seorang travel blogger yang gemar berpetualang menggunakan sepeda motor.

Fahmi menjelaskan dirinya mulai melakoni traveling dengan menggunakan jalur darat sejak ia duduk di bangku kuliah. Namun semenjak lulus kuliah dan bekerja di Bali sebagai seorang programer, Fahmi menjadi lebih sering menjelajah Indonesia melalui jalur darat. Bali-Lombok, Jawa-Bali, Jakarta-Bandung dan Jakarta-Sawarna, merupakan beberapa destinasi yang pernah ia taklukan dengan sepeda motornya.

"Saya mulai giat jalan-jalan lintas provinsi bahkan pulau menggunakan sepeda motor saat tinggal di Bali pada 2011 dan 2012. Setiap akhir pekan selalu jalan-jalan," kata Fahmi kepada BeritaSatu.com, Senin (8/6).

Menurut Fahmi, road trip dengan menggunakan sepeda motor jauh lebih murah dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Modalnya, lanjut Fahmi adalah bakar bakar yang penuh mengisi tangki sepeda motornya dan tidak lupa membawa cadangan bahan bakar.

"Kalau untuk destinasi yang sudah dicapai, naik motor lebih murah. Ke Bromo misalnya, kita kan harus sewa jip Rp500 ribu. Kalau pakai motor, bensin full tangki saja sudah cukup," terang pria berkaca mata ini.

Bukan hanya mengirit ongkos perjalanan, road trip memakai sepeda motor juga mensiasati penginapan. Fahmi mengungkap biaya penginapan bisa ditekan dengan membawa tenda tempat beristirahat.

Kenikmatan jalan-jalan dengan sepeda motor selain biaya murah, juga terkait dengan rute. Jika memakai motor sebagai moda transportasi, maka dengan seenaknya kita bisa menentukan rute maupun tempat, Fahmi mengaku dengan naik motor, ia bisa mendapatkan foto dengan latar pemandangan pantai dan pegunungan Lombok. Ia pun bisa berhenti dan berfoto di setiap perbatasan satu daerah dengan daerah lainnya.

Menurut Fahmi permasalahan yang kerap ditemui oleh para petualang yang menggunakan sepeda motor adalah ban bocor dan kehabisan bahan bakar. Karena itu, Fahmi menekankan pentingnya membawa bakar bakar cadangan.

Adapun tindak kriminal di jalanan, selama menjalani road trip dengan sepeda motor, Fahmi belum pernah mengalaminya.

"Yang nggak enak itu hanya satu, kehujanan dalam perjalanan," ujar Fahmi

Oleh sebab itu, selain membawa bahan bakar cadangan, jas hujan juga menjadi perlengkapan yang wajib dibawa oleh mereka yang jalan-jalan menggunakan sepeda motor.

"Kalau belum pernah ke lokasi, harus benar-benar lihat destinasinya, lihat peta. Pastikan motor dalam kondisi bagus. Dan yang paling penting, niat," tambah Fahmi