Datsun Cross Dirancang Khusus untuk Pasar Indonesia

Datsun Cross Dirancang Khusus untuk Pasar Indonesia
Tampilan depan Datsun Cross ( Foto: istimewa )
Herman / YUD Kamis, 18 Januari 2018 | 17:02 WIB

Jakarta - Datsun baru saja melakukan world premier mobil compact crossover Datsun Cross di Jakarta. Model ketiga dari Datsun untuk pasar Indonesia ini juga menjadi awal baru perjalanan Datsun di Indonesia setelah sebelumnya hanya bermain di segmen low cost green car (LCGC) melalui Datsun Go dan Go+.

"Mobil ini dikembangkan secara khusus untuk pasar Indonesia dengan ground clearance tinggi untuk melewati beragam kondisi jalan," kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito di peluncura Datsun Cross, di Jakarta, Kamis (18/1).

Koito memaparkan, ground clearance mobil ini mencapai 200 mm dengan pelek besar 15 inci, body cladding yang gagah, dan fitur keselamatan seperti Vehicle Dynamic Control (VDV) sebagai standar di semua varian.

Selain pilihan transmisi manual, Datsun Cross juga menawarkan transmisi matik X-Tronic Continuously Variable Transmission (CVT). Ini menjadi sesuatu yang baru bagi Datsun, mengingat dua model sebelumnya yang dipasarkan di Indonesia hanya memiliki pilihan transmisi manual.

"Dibandingkan dengan transmisi matik konvensional, CVT menawarkan pengalaman berkendara yang lebih halus, lebih nyaman dan lebih efisien," kata Kioto.

Interior Datsun Cross menyediakan ruang untuk lima orang dewasa. Bila diperlukan juga ada ruang tambahan untuk tempat duduk anak-anak di baris ketiga untuk perjalanan jarak pendek. Ketika kursi baris ketiga ini tidak ditempati, dapat dilipat ke bawah booth floor dengan mudah, sehingga memberikan ruang yang luas untuk barang.

Untuk mesinnya, Datsun Cross menggunakan mesin bensin 1,2 liter, 68/78 hp dengan torsi 104 Nm. Fitur keselamatannya selain VDC juga sudah dilengkapi airbag ganda di depan, lampu peringatan sabuk keselamatan dan lampu depan otomatis.

Datsun Cross akan diproduksi di pabrik Nissan-Datsun di Purwakarta, Jawa Barat, dengan pengiriman pertama direncanakan di Maret 2018. Mobil ini akan ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 163 juta.



Sumber: BeritaSatu.com