Ini Spesifikasi Datsun Cross

Ini Spesifikasi Datsun Cross
Interior Datsun Cross. ( Foto: BeritaSatu Photo / Herman )
Herman / YUD Kamis, 18 Januari 2018 | 17:54 WIB

Jakarta - Datsun telah melakukan world premier mobil compact crossover Datsun Cross di Jakarta. Mobil ini dikembangkan secara khusus untuk pasar Indonesia dan menjadi mobil flagship baru untuk Datsun. Datsun Cross juga akan diproduksi di pabrik Nissan-Datsun di Purwakarta, Jawa Barat, dengan pengiriman pertama direncanakan pada Maret 2018.

Desain Eksterior
Datsun Cross menonjolkan tampilan desain yang khas. Seperti kombinasi honeycomb, outer chrome grille dan logo Datsun yang mencerminkan ciri khas Datsun. Lampu depan dengan proyektor juga memiliki bentuk 'mata elang' yang khas, memadukan lampu indikator sein dengan daytime running lamps. Di bawah lampu depan terdapat sepasang lampu kabut berbentuk lingkaran, yang diletakkan pada cekungan di dalam bodi mobil bagian depan.

"Dirancang untuk pasar Indonesia, Datsun Cross juga memiliki ground clearance setinggi 200 mm, ban berukuran 15 inci, dan body cladding yang kokok untuk melewati beragam kondisi jalan," papar Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito di peluncura Datsun Cross, di Jakarta, Kamis (18/1).

Cladding tersebut menutupi rongga roda bagian depan hingga belakang dengan desain memanjang. Kemudian ada juga Roof Rail untuk memberikan tampilan yang lebih sporty dan gagah. Roof Rail tersebut memiliki kapasitas 30 kilogram sebagai perluasan ruang bagasi.

Interior
Bagian dalam Datsun Cross menyediakan ruang untuk lima orang dewasa. Bila diperlukan juga ada ruang tambahan untuk tempat duduk anak-anak di baris ketiga untuk perjalanan jarak pendek. Ketika kursi baris ketiga ini tidak ditempati, dapat dilipat ke bawah dengan mudah, sehingga memberikan ruang yang luas untuk barang.

Panel instrumen Datsun Cross terlihat minimalis dengan aksen silver dan tampilan karbon pada warna dasar yang didominasi warna hitam. Di depan pengemudi terdapat instrumen binnacle yang berisi takometer dan speedometer serta penunjuk informasi multifungsi. Sementara di tengah dashboard terdapat layar monitor berwarna yang terintegrasi. Audio video layar sentuh tersebut dilengkapi Bluetooth, USB, AUX & smartphone connection.

Mesin dan Transmisi
Datsun Cross menggunakan mesin bensin berkapasitas 1,2 liter, 68/78 hp dengan torsi 104 Nm. Selain varian dengan transmisi manual, Datsun Cross juga menawarkan transmisi matik X-Tronic Continuously Variable Transmission (CVT). Dikatakan Koito, dibandingkan dengan transmisi matik konvensional, CVT menawarkan pengalaman berkendara yang lebih halus, lebih nyaman dan lebih efisien.

Fitur keselamatan juga menjadi perhatian utama. Selain Vehicle Dynamic Control (VDC) sebagai standar di semua varian, Datsun Cross juga sudah dilengkapi airbag ganda di depan, lampu peringatan sabuk keselamatan, dan lampu depan otomatis.

Pintu belakang memiliki wiper dengan penyemprot air berterkanan tinggi untuk meningkatkan kemampuan pandangan arah belakang, sementara kaca spion juga bisa disesuaikan dengan perangkat listrik dan memiliki lamp repeater. Fungsinya untuk memberi petunjuk bagi pengguna jalan lainnya mengenai arah yang akan diambil pengemudi.



Sumber: BeritaSatu.com