Hadapi Persaingan Keras, Xpander Andalkan Desain dan Fitur Kelamatan

Hadapi Persaingan Keras, Xpander Andalkan Desain dan Fitur Kelamatan
Mitsubishi Xpander warna Deep Bronze Metallic ( Foto: Beritasatu Photo/Herman )
Harso Kurniawan / HK Kamis, 10 Januari 2019 | 22:05 WIB

Jakarta - Persaingan di segmen kendaraan multiguna bawah (low multipurpose vehicle/LMPV) dipastikan kian keras tahun ini, sering kehadiran model-model baru, seperti New Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, LMPV baru Nissan, dan kemungkinan Honda All New Mobilio. Mitsubishi Xpander selaku salah satu model LMPV laris di Tanah Air akan mengandalkan desain menarik serta fitur keselamatan guna menghadapi serangan para rival.

Head of Technical Service & CS Support Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Boediarto menuturkan, Xpander hadir dengan struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution). Ini adalah rangka bodi yang dibuat dari high tensile metal, sehingga bagian dalam kabin terlindungi dari benturan saat terjadi kecelakaan, rangkanya lebih kuat.

RISE, kata dia, merupakan kesatuan antara bodi dan sasis untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Struktur bodi ini efektif menyerap energi tabrakan dari segala arah, depan, belakang, samping, dan mengurangi kerusakan serta menjaga penumpang dalam kabin tetap aman. "Dalam tabrakan hebat, fitur ini menjaga bentuk interior tetap utuh, sehingga kemungkinan selamat pada penumpang menjadi lebih besar," kata dia di Jakarta, Kamis (10/1).

Selain itu, dia menegaskan, ada fitur pedestrian protection yang dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pejalan kaki. Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bemper, dan fender untuk mengurangi deformasi akibat benturan serta cedera pejalan kaki. Fitur ini, kata dia, mampu menekan dampak kecelakaan terhadap pejalan kaki melalui built impact-absorbing di material kap mesin dan bemper depan. Ketika terjadi tabrakan, cedera diminimalkan dengan bentuk depan yang akan membulat dan terbuat dari bahan non-logam.

“Keamanan saat berkendara merupakan hal utama. Sebuah produk tidak cukup hanya menawarkan kenyamanan, desain yang bagus, dan mesin yang andal, tetapi juga fitur keamanan yang sangat penting untuk sebuah mobil keluarga," papar dia.

Dia menambahkan, Xpander sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan lain, seperti emergency stop signal, hill start assist, dan active stability control (ASC). Fitur-fitur ini membawa Xpander ke level yang lebih tinggi dari sekedar kendaraan LMPV biasa.



Sumber: Investor Daily