Astra Otoparts Tingkatkan Jumlah Ekspor Komponen

Astra Otoparts Tingkatkan Jumlah Ekspor Komponen
Direktur Astra Otoparts Yusak Kristian (kiri) didampingi Retail Division Head Astra Otoparts Indra Nugraha saat jumpa wartawan usai pengumuman Undian Semarak Shop&Drive di Jakarta, Selasa (28/2/17). ( Foto: BeritaSatu Photo / mohammad defrizal )
Ridho Syukro / FER Kamis, 11 April 2019 | 18:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Astra Otoparts Tbk akan meningkatkan jumlah ekspor komponen pada tahun ini. Pangsa ekspor juga menjadi salah satu alternatif perseroan untuk mempertebal penjualan komponen otomotif. Penjualan ekspor menyumbang pendapatan sebesar Rp 1,4 triliun.

Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk, Hamdhani Dzulkarnaen Salim, mengatakan, ekspor memberikan kontribusi sebesar 10 persen terhadap total revenue atau pendapatan perusahaan dan akan terus didorong kinerjanya.

"Produk utama Astra Otoparts yang laku di pasar ekspor yaitu ban dengan merek Aspira,” kata Hamdhani, di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Hamdhani mengatakan, pasar utama tujuan ekspor masih negara Asean dan belum ada pasar baru tahun ini. Malaysia merupakan pasar utama dengan permintaan yang cukup tinggi.

"Pada tahun ini, ekspor ban ke Malaysia akan ditingkatkan dua kali lipat. Kami akan terus dorong ekspor karena menjanjikan," ujar Hamdhani.

Hamdhani menambahkan, industri komponen masih dibutuhkan selama industri otomotif berkembang. Fakta yang menarik dari industri komponen di Indonesia adalah proses produksi dilakukan UKM.

"Banyak UKM di Indonesia yang bergerak di sektor komponen otomotif dan membantu ekonomi kerakyatan," tandas Hamdhani.



Sumber: Investor Daily