Kinerja iCar Asia di Indonesia Membaik

Kinerja iCar Asia di Indonesia Membaik
CEO iCar Asia Limited Hamish Stone ( Foto: istimewa )
Harso Kurniawan / HK Selasa, 23 April 2019 | 22:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Kinerja bisnis marketplace mobil bekas iCar Asia di Indonesia membaik. Pada Maret 2019, jumlah akun berlangganan iCar Asia naik 12%, dibandingkan Desember 2018.

Selain itu, pengunjung laman Mobil123.com yang dikelola iCar Asia naik 4%. Namun, jumlah calon konsumen potensial (leads) menurun 8%, karena dipengaruhi oleh pemilihan umum pertengahan April 2019. Pencatatan iklan (listing) juga menurun 13% pada Maret 2019, sejalan dengan ekspektasi listing berbayar dan pembatasan listing gratis

“Kuartal I-2019 menunjukkan awal yang kuat untuk iCar Asia untuk mencapai titik impas EBITDA. Malaysia dan Thailand sama-sama membukukan EBITDA dan arus kas positif pada kuartal ini, didukung dengan Indonesia yang hampir mengurangi separuh kerugian EBITDA pada saat yang sama,” ujar CEO iCar Asia Limited Hamish Stone dalam keterangan resmi, Selasa (23/4/2019).

Biaya perusahaan yang tetap, dia menuturkan, adalah tonggak untuk menuju titik impas. Kinerja kuartal I tahun ini menjadi dasar perseroan untuk melanjutkan momentum hingga akhir tahun ini.

Perseroan membukukan kenaikan pendapatan 25% menjadi AUS$ 3,8 juta, dibandingkan kuartall sebelumnya. Hal ini didorong oleh pembaruan akun yang kuat di Thailand dan pengumpulan pendapataan yang lebih tinggi dari bisnis classified di Indonesia yang memperkenalkan langganan berbayar pada September 2018.

Saat ini, dia menerangkan, iCar Asia di Malaysia dan Thailand membukukan kas positif yang konsisten, sedangkan Indonesia mengurangi separuh pengeluaran. Tren ini diperkirakan terus berlanjut sampai akhir 2019.

Kas dan setara kas iCAr Asia, kata dia, mencapai AUS$ 7,3 juta kuartal I tahun ini. Perusahaan juga memiliki akses bersyarat ke dana tambahan hingga AUS$ 16,5 juta yang terdiri atas fasilitas utang AUS$ 5 juta dan hasil opsi saham sebesar AUS$ 11,5 juta, bergantung pada harga saham yang berlaku pada atau sebelum tanggal kedaluwarsa opsi.

“Perusahaan saat ini berencana hanya menggunakan kas internal untuk menumbuhkan bisnis dan tidak berniat menarik pinjaman,” kata dia.



Sumber: Investor Daily