Pasar Stagnan, Honda Tak Pasang Target Penjualan
Logo BeritaSatu

Pasar Stagnan, Honda Tak Pasang Target Penjualan

Minggu, 5 Mei 2019 | 21:43 WIB
Oleh : Harso Kurniawan / HK

Jepara, Beritasatu.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) tidak memasang target penjualan tahun ini, menyusul stagnannya pasar mobil domestik dalam beberapa tahun terakhir di level 1-1,1 juta unit. Agen pemegang merek (APM) mobil Honda itu fokus menjaga kinerja operasional dealer dan masa tunggu mobil.

Direktur Pemasaran dan Purnajual PT HPM Jonfis Fandy mengatakan, pihaknya biasanya menetapkan target ketika pasar mobil sedang naik dan hanya memantau perkembangan ketika pasar stagnan. “Prinsipnya, kalau memang Brio yang lebih banyak permintaanya, kita akan produksi Brio. Kalau New BR-V bagus, ya kita tambah produksi BR-V. Jadi, semua tergantung permintaan,” ujar Jonfis di Jepara, Jawa Tengah, akhir pekan lalu.

Jonfis mengaku hingga saat ini belum ada penurunan produksi domestik akibat ekspor Brio yang dimulai awal April 2019. Agar produksi stabil, HPM memberlakukan lembur. Jonfis menjelaskan, saat ini, produksi mobil masih berjalan dengan metode satu shift. Andai permintaan pasar domestik dan ekspor sama-sama tinggi dalam waktu bersamaan, jumlah shift bisa saja ditambah.

“Kalkulasinya harus jelas, tidak bisa naikkan bulan ini, lalu turun bulan depan. Saat ini, kapasitas maksimal pabrik Honda Karawang mencapai 200 ribu setahun,” ujar dia.

Jonfis menambahkan, HPM juga berusaha agar inden suatu model tidak lebih dari empat bulan. Caranya dengan mengalihkan kelebihan stok di satu dealer ke dealer lain yang permintaannya tinggi. Hal ini akan memicu efisiensi dan menambah kenyamanan konsumen dalam hal pengiriman unit. “Ini baru kita lakukan di daerah Jabodetabek. Kalau di luar pulau sulit," ucap dia.

Jonfis juga enggan menyebutkan target penjualan New BR-V yang dilepas di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Namun, dia berharap penjualan low SUV ini bisa sama seperti model terdahulu, sekitar 500 unit per bulan.

Jonfis menjelaskan, di awal kehadirannya, BR-V masih bisa menggaet para trend seeker, sehingga pernah mencapai penjualan 10 ribu unit dalam sebulan. Namun, dia mengakui, selepas itu, penjualan BR-V turun.

Jonfis menilai, naik-turunnya permintaan dalam bisnis adalah hal biasa. BR-V terbantu karena satu sasis dengan Brio, yang laris di Indonesia. Di sisi lain, kehadiran pemain Tiongkok, Wuling dan DFSK, dengan fitur yang beragam tidak membuat Honda terusik. Jonfis mengatakan, saat kali pertama BR-V, Mobilio, dan HR-V meluncur, fiturnya sudah jauh di atas kompetitor.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA LAINNYA

Piaggio Gandeng Smart Perluas Pasar Skuter di Jatim

Piaggio bersama Smart menghadirkan Diler Premium Motoplex 4 Brand yang menyediakan rangkaian produk Piaggio Group di Surabaya, Jawa Timur.

OTOMOTIF | 21 September 2021


Krisis Chip, GM Pangkas Pengiriman 200.000 Kendaraan di Semester II

Penjualan dan produksi kendaraan General Motors (GM) akan terpukul lebih keras daripada yang diperkirakan sebelumnya akibat kekurangan chip.

OTOMOTIF | 19 September 2021

Ford Tambah Investasi US$ 250 Juta untuk Tingkatkan Produksi Kendaraan Listrik

Ford berencana menginvestasikan US$ 250 juta dan menambah 450 pekerjaan di tiga fasilitas produksi Michigan.

OTOMOTIF | 19 September 2021

Jevon Andrean, Sultan PIK yang Punya Jajaran Mobil dan Motor Mewah

Tak tanggung-tanggung, Jevon Andrean yang dijuluki Sultan PIK ini hobi mengoleksi mobil-mobil mewah seperti Porsche, Lamborghini, Ferrari, McLaren, Bentley.

OTOMOTIF | 18 September 2021

Pastikan Keselamatan Konsumen, Suzuki Recall 21 Unit Jimny Otomatis

Recall dilakukan sebagai komitmen Suzuki untuk memperbaiki kendaraan yang diduga memiliki potensi masalah dan memastikan keselamatan konsumen.

OTOMOTIF | 18 September 2021

Diskon PPnBM 100% Kendaraan Diperpanjang Hingga Desember 2021

Perpanjangan diskon PPnBM kendaraan bermotor yang semula diberikan dari Maret hingga Agustus 2021 diperpanjang menjadi Desember 2021.

OTOMOTIF | 17 September 2021

Tekan Emisi Karbon dengan Mobil Listrik

Tak hanya ramah lingkungan, mobil listrik juga lebih irit biaya.

OTOMOTIF | 17 September 2021

Andalan Motor Resmikan Hyundai Summarecon Bekasi

Andalan Motor meresmikan dealer pertama Hyundai di Bekasi, Jawa Barat, yakni Hyundai Summarecon Bekasi.

OTOMOTIF | 16 September 2021

Presiden Groundbreaking Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Karawang

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara milik PT Industri Baterai Indonesia (IBC).

OTOMOTIF | 15 September 2021


TAG POPULER

# Rocky Gerung vs Sentul City


# Napoleon Bonaparte


# Anies Baswedan


# PPKM


# Bangga Buatan Indonesia



TERKINI
Indeks Diproyeksi Menguat, Buy On Weakness Saham-saham Ini

Indeks Diproyeksi Menguat, Buy On Weakness Saham-saham Ini

EKONOMI | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings