iCar Asia Fasilitasi Transaksi Mobil Baru

iCar Asia Fasilitasi Transaksi Mobil Baru
CEO iCar Asia Limited Hamish Stone ( Foto: istimewa )
Harso Kurniawan / HK Kamis, 23 Mei 2019 | 22:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pasar mobil baru di Asia Tenggara tumbuh 6% pada 2018 menjadi 2,8 juta unit, didorong pertumbuhan di Thailand sebesar 20%, Indonesia (7%) dan Malaysia (4%).

Melihat potensi itu, iCar Asia, jaringan portal otomotif nomor satu di Asean telah menguji berbagai solusi untuk pasar mobil baru yang sedang tumbuh ini dan meluncurkan lead market place (LMP) ke masing-masing pasar. iCar Asia merilis solusi yang memfasilitasi konsumen ke agen penjual mobil baru. Sebelumnya, iCar Asia menggarap marketplace mobil bekas di Indonesia.

Dengan LMP, konsumen yang bertanya tentang model mobil tertentu akan diteruskan secara otomatis ke beberapa agen penjualan. Kemudian, agen penjualan memiliki opsi untuk menghubungi pelanggan potensial secepat mungkin.

Dalam LMP ada juga kesempatan untuk menjaga pelanggan potensial tersebut. Platform ini dapat dengan mudah dikoneksikan ke CRM yang digunakan oleh agen penjual atau yang di Indonesia disebut agen pemegang merek (APM).

"Selanjutnya, agen penjualan mobil baru membeli paket koin LMP untuk selanjutnya menerima para pelanggan baru secara otomatis. Harga per calon pembeli potensial berbeda, tergantung tingkat urgensi menginginkan mobil baru," ujar CEO iCar Asia Hamish Stone dalam keterangan resmi, Kamis (23/5/2019).

Selanjutnya, dia menuturkan, agen penjualan tinggal menunggu potensial penjualan mendatangi mereka. Ke depan, para agen penjualan dapat membeli paket koin LMP ini secara online dan koin akan bertambah langsung ke akun mereka dan mendapatkan akses penuh ke laporan, detail pelanggan, dan data relevan lainnya yang bermanfaat.

Dia mencatat, sebanyak 700 lebih agen penjualan telah mendaftar dan menggunakan produk ini di Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Respons mereka sangat positif dan bekerja sama dengan iCar Asia untuk memberikan pemikiran dan pendapat tentang kondisi pasar.

Menurut Hamish, iCar Asia telah mengembangkan produk baru yang revolusioner ini sepanjang 2019 dan sekarang sepenuhnya diluncurkan dan beroperasi di Malaysia, Thailand, dan Indonesia. LMP disesuaikan dengan karakteristik masing masing pasar yang sedikit berbeda.

Platform ini, kata dia, adalah bagian dari rangkaian alat baru yang dikembangkan oleh iCar Asia dengan merek iCar Suite, dan akan tersedia untuk pasar otomotif.

“LMP adalah produk yang menghadirkan efisiensi dan daya saing bagi agen penjualan yang menjual mobil baru. Kami telah bekerja bersama dengan agen penjualan untuk melatih mereka dan menyempurnakan proses ini, dari membeli iCar Coins hingga mampu membina pelanggan-pelanggan baru yang potensial," ujar dia.



Sumber: Investor Daily