Wapres JK Buka Pameran GIIAS 2019

Wapres JK Buka Pameran GIIAS 2019
Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi booth Mitsubishi, di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang, 18 Juli 2019. ( Foto: Beritasatu.com / Herman )
Herman / FMB Kamis, 18 Juli 2019 | 11:32 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Pameran otomotif terbesar di Indonesia, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 telah resmi dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang, pameran tahunan ini digelar selama 11 hari pada 18 hingga 28 Juli 2019.

Tahun ini, GIIAS menjadi pameran Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang ke 27. Tercatat, 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, 12 merek sepeda motor, serta total lebih dari 300 merek dari industri pendukung akan ambil bagian dari GIIAS 2019.

Merek kendaraan yang berpartisipasi antara lain Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mercedes Benz, MINI, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling untuk kendaraan penumpang. Dari mobil niaga (angkutan barang) antara lain FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Truck. Sedangkan untuk sepeda motor yang berpartisipasi antara lain Benelli, Honda, Kawasaki, Kymco, Piaggio, Suzuki, dan Viar.

Ada puluhan mobil baru yang diluncurkan, di antarnya Toyota GR Supra, Mitsubishi New Outlander PHEV, Mitsubishi Eclipse Cross, serta beberapa kendaraan konsep yang ramah lingkungan.

"Kita tentu bergembira dan bersemangat untuk memulai pameran GIIAS yang diselenggarakan setiap tahun. Saya juga sudah langganan membuka pameran di tempat ini. Sebagai pribadi, saya sangat gembira ke tempat ini sambil mengamati perkembangan industri otomotif, " kata Jusuf Kalla saat pembuka pameran GIIAS 2019, Kamis (18/7/2019).

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menyampaikan, tema yang diangkat dalam GIIAS 2019 The Series adalah "Future in Motion", yang diartikan sebagai sebuah gerakan pengaruh teknologi pada kendaraan listrik, otonom, dan digital. Tema ini juga merepresentasikan transformasi yang terus berlangsung di industri otomotif global.

"GIIAS akan merepresentasikan teknologi otomotif terkini dari industri otomotif Indonesia. Gaikindo fokus menjadikan GIIAS sebagai ajang yang menginspirasi publik dengan kehadiran teknologi otomotif dan transformasi terkininya menuju masa depan," kata Yohannes Nangoi.

Menurut Yohannes, perkembangan industri otomotif ada dalam kecepatan penuh, di mana saat ini Indonesia sudah mulai merasakan efek kehadirannya.

"Kehadiran kendaraan hybrid, plug-in hybrid, electric hingga autonomus adalah masa depan otomotif yang musti kita antisipasi kehadirannya. Lewat GIIAS, Gaikindo ingin memberikan edukasi awal tentang berbagai inovasi dari industri otomotif, sehingga Indonesia siap menyambut perubahan positifnya," kata Yohannes.

Setelah di ICE BSD, nantinya penyelenggaraan GIIAS 2019 The Series akan berlanjut di Makassar pada 4-8 September 2019, dan ditutup di Medan pada 23-27 Oktober 2019.



Sumber: BeritaSatu.com