Menjajal Performa Wuling Cortez Turbo

Menjajal Performa Wuling Cortez Turbo
Wuling Cortez CT (Foto: istimewa)
Harso Kurniawan / HK Jumat, 20 Desember 2019 | 13:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wuling Cortez CT meluncur di Indonesia pada April 2019. Yang spesial dari mobil serbaguna (multipurpose vehicle/MPV) medium ini adalah mesinnya yang dibekali teknologi turbo.

Mobil dengan banderol Rp 232-282 juta ini memakai mesin bensin empat silinder, 1.500 cc, dengan turbocharger besutan Honeywell. Tenaga maksimal 140 mencapai hp dan torsi 250 Nm yang disalurkan ke roda depan dengan transmisi manual 6-percepatan dan CVT.

Selain mesin sangar, MPV ini hadir dengan tampilan modern. Di depan, kesan mewah hadir berkat penggunaan lampu utama LED, antena shark fin, dan kaca spion retractable yang dilengkapi LED turning signal. Yang istimewa, tentunya sunroof yang bertujuan mendongkrak sisi kemewahan MPV asal Tiongkok ini.

Di belakang, banyak garis tegas yang menunjukkan ketangguhan Cortez CT sebagai MPV medium di pasar otomotif nasional. Pilihan warnanya cukup banyak, seperti perak, putih, hitam, dan merah.

Masuk ke mobil, kabin cukup lega dan konfigurasi 7-seater captain seat yang menambah kenyamanan sekaligus mempermudah akses ke baris ketiga. Beragam fitur terdepan hadir di Cortez CT, seperti one push start/stop button, keyless entry, hingga emergency Stop Signal (ESS).

Jarak kepala dengan atap atau head room dan jarak kaki dengan jok depan alias leg room masih cukup lapang dari baris pertama hingga ketiga. Ini penting ketika berkendara jarak jauh.

Selain itu, berbagai perangkat penunjang kenyamanan berkendara lainnya turut dihadirkan di produk ini, antara lain kamera mundur, sistem pemantau tekanan ban, head unit layar sentuh tujuh inci, USB charging hingga baris ketiga, audio control & answering call button.

Cortez CT dibekali dengan multi information display (MID) berdimensi 3,5 inci, sedanglan pada tipe L menggunakan layar 7 inci yang sudah full colour. Fitur keselamatan juga melimpah meliputi traction control system (TCS), electronic stability control (ESC), dan hill hold control (HHC). Fitur lainnya seperti TPMS, isofix, automatic vehicle holding (AVH), electric parking brake (EPB), sistem deselerasi ABS, EBD, BA, hingga front and side airbag.

Performa Mesin

Investor Daily mencoba performa mesin Cortez CT transmisi CVT di rute Bandung-Jakarta lewat tol Cipularang dan Jakarta-Cikampek. Investor Daily mulai menggeber mobil ini dari rest area km 97 tol Cipularang. Begitu masuk kabin, mobil sudah dalam posisi standby, sehingga tinggal injak gas dan mobil meluncur. Kebetulan, rutenya sangat pas untuk merasakan sisi buas mesin Cortez CT, yakni tol Cipularang.

Cortez CT sangat agresif. Begitu gas diinjak mobil ini langsung melesat, meski beratnya mencapai 1.300 kg lebih. Mobil ini menggapai 100 kilometer per jam (kpj) dengan halus. Hebatnya, mobil ini seakan minta untuk disiksa lagi. Namun, demi alasan keselamatan, itulah top speed Cortez CT dalam sesi test drive kali ini.

Mesin turbo Cortez CT juga sangat bermanfaat untuk membalap kendaraan di depan. Kebetulan, di Cipularang banyak truk bermuatan berat melintas. Dengan turbo, Cortez CT dapat berakselerasi dengan lincah, sehingga membalap kendaraan di depan terasa mudah.

Hal istimewa lainnya, setir Cortez terasa mantap di kecepatan tinggi. Ini membuat pengemudi percaya diri ketika melaju dengan mobil ini.

Kesimpulannya, Cortez CT memiliki tenaga yang sangat prima. Mobil juga cukup responsif dan tidak ada jeda yang lama antara injakan gas dan tarikan mesin.



Sumber: Investor Daily