Kreta Indo Artha Ingin Kembalikan Kejayaan KIA di Indonesia

Kreta Indo Artha Ingin Kembalikan Kejayaan KIA di Indonesia
All-New Kia Seltos. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Senin, 20 Januari 2020 | 15:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah lebih dari setahun berhenti jualan sementara di Indonesia, Kia hadir kembali melalui model SUV compact All-New Kia Seltos.

Hadir Kembali di Indonesia, KIA Luncurkan All-New Seltos

Merek otomotif asal Korea Selatan tersebut kini berada di bawah naungan PT Kreta Indo Artha, anak perusahaan Indomobil Group yang secara resmi mengambil alih bisnis distribusi kendaraan Kia di Indonesia pada November 2019 menggantikan PT Kia Mobil Indonesia (KMI).

Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, Andrew Nasuri menyampaikan, All-New Kia Seltos dipilih sebagai model pertama yang dihadirkan di Indonesia setelah sempat vakum lantaran pasar SUV masih sangat menjanjikan. Selain itu, pasar SUV juga berkembang paling pesat di Indonesia.

"Sejak model ini melakukan debut global, Kia memperlihatkan terobosan baru dalam SUV compact. Kami merasa segmen SUV masih sangat berpeluang di Indonesia,” kata Andrew Nasuri, di peluncuran All-New Kia Seltos, di Jakarta, Senin (20/1/2020).

Toyota Kuasai 32,5% Pasar Otomotif

Untuk pasar Indonesia, All-New Kia Seltos hadir dalam tiga varian yaitu varian E, EX, dan EX+. Andrew mengatakan, di tahun ini Kia juga akan menambah dua varian lagi yang cocok untuk pasar Indonesia.

"Tidak hanya memasarkan mobil Kia, kami juga berkomitmen untuk membangun merek Kia dan memperluas jaringan. Saat ini sudah ada 24 diler yang tersebar di Jakarta, Medan, Surabaya, dan kota-kota besar lainnya. Target kami tahun ini akan menambah sekitar 10 diler lagi, sehingga totalnya sampai akhir tahun menjadi 34 diler,” kata Andrew.

Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, mengungkapkan, untuk All-New Kia Seltos yang dibanderol mulai dari harga Rp 295 juta sampai Rp 355 juta on the road (OTR) Jakarta ini, diharapkan selama satu tahun bisa terjual sampai empat digit.

Astra Optimistis Kuasai Pangsa Pasar 53 Persen

Untuk keseluruhan model yang saat ini dipasarkan PT Kreta Indo Artha yaitu All-New Kia Seltos, Kia Picanto, Kia Rio, Kia Grand Sedona, dan Kia Big-UP K2700 (komersil), perusahaan saat ini masih terus menghitung target penjualan yang bisa dicapai. Sebab saat ini perusahaan masih fokus pada perluasan jaringan penjualan dan layanan purna jual.

"Pangsa pasar Kia di Indonesia masih sangat kecil, tidak sampai satu persen dari total market. Tetapi Kia pernah mencapai penjualan yang tinggi di Indonesia sampai belasan ribu unit," kata Ario Soerjo.

Melalui All-New Kia Seltos dan juga model-model baru lainnya yang akan dihadirkan di masa mendatang, Ario optimistis bisa mengembalikan kejayaan Kia di pasar Indonesia.

"Intinya kita ingin melewati penjualan tertinggi Kia di Indonesia pada suatu saat, tetapi bukan tahun ini. Dengan line up baru dan juga model yang akan datang, kita harap bisa mengembalikan kejayaan Kia di Indonesia," kata Ario.



Sumber: BeritaSatu.com