Ini Alasan Orang Beli Mobil Elektrik Menurut Rifat Sungkar

Ini Alasan Orang Beli Mobil Elektrik Menurut Rifat Sungkar
Rifat Sungkar. ( Foto: Beritasatu Photo )
Jaja Suteja / JAS Jumat, 7 Februari 2020 | 22:58 WIB

Lombok Barat, Beritasatu.com – Mantan pereli nasional, Rifat Sungkar, mengungkapkan bahwa alasan utama konsumen membeli mobil listrik atau hibrida (campuran tenaga listrik dan BBM) adalah karena dunia saat ini sudah lebih peduli lingkungan.

“Itulah alasan utama orang mau membeli mobil elektrik,” kata Rifat kepada wartawan dalam acara test drive berbagai produk Mitsubishi di Pulau Lombok, Jumat (7/2/2020).

Alasan lain adalah biaya perawatan yang jauh lebih hemat karena jumlah komponen yang dipakai mobil elektrik lebih sedikit.

Menurut pria yang juga Duta Mitsubishi ini, dalam pembuatan mobil konvensional rata-rata komponen yang dibutuhkan adalah 5.000-12.000 komponen. Sementara mobil listrik hanya butuh 700 sampai 1.200 saja.

“Bayangkan berapa banyak komponen yang bisa dihemat untuk lingkungan hidup karena jumlah komponen yang diperlukan lebih sedikit,” ujar Rifat yang juga putra dari tokoh otomotif Indonesia, Helmi Sungkar ini.

Mitsubishi Outlander PHEV.

Alasan lainnya adalah pemerintah akan memberikan kemudahan yang menguntungkan bagi pemilik mobil listrik. “Misalnya, pajak yang lebih murah. Tempat parkir yang lebuh murah. Boleh lewat jalan protokol,” sebut Rifat.

Menurut Rifat, di beberapa negara pemerintah bahkan memberlakukan peraturan soal emisi yang lebih ketat. Dan, mereka yang mematuhinya diberi keuntungan.

“Di Jepang misalnya, listrik sisa dari yang digunakan dalam sehari bisa dijual lagi ke pemerintah,” kata Rifat.

Nadine Puji Mitsubishi

Sementara artis yang sekarang juga menjadi penggiat lingkungan, Nadine Chandrawinata memuji langkah Mitsubishi yang memproduksi mobil hibrid seperti Outlander PHEV (Plug In Hybrid Electronic Vehicle).

“Seharusnya kita memberikan big applause kepada Mitsubishi karena sudah melakukan sebuah langkah yang luar biasa ini,” katanya.

Nadine berharap langkah Mitsubishi ini menjadi pintu bagi siapapun untuk menjadikan lingkungan lebih baik. Aktris yang menjadi pemeran film Danau Hitam ini menyebut tantangan bagi produsen mobil elektrik tidaklah mudah.

“Untuk mengawali sesuatu perubahan menjadi lebih baik itu tidak ada yang enak. Saya bergembira karena Mitsubishi telah melakukan langkah besar dengan memproduksi Outlander PHEV,” paparnya.

“Semoga produsen mobil yang mengikuti langkah Mitsubishi lebih banyak lagi,” paparnya.



Sumber: BeritaSatu.com