Tidak Ada PHK di Astra Daihatsu Motor

Tidak Ada PHK di Astra Daihatsu Motor
Aktivitas perakitan kendaraan roda empat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat, Rabu, 24 Agustus 2016. (Foto: ga photo / astra)
Heru Andriyanto / HA Jumat, 19 Juni 2020 | 15:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Di tengah pandemi Covid-19 yang memukul bisnis otomotif di Indonesia, produsen mobil asal Jepang, Daihatsu, menegaskan mereka tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) di sini.

“Kalau kaitannya dengan pandemi ini, sampai sekarang belum ada PHK. Jumlah karyawan sama seperti sebelum pandemi,” kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra dalam jumpa pers secara virtual di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

“Yang ada adalah kontrak habis dan tidak diperpanjang, tapi tidak ada PHK dan tidak ada tawaran pensiun dini dari ADM,” tegasnya.

Amelia menambahkan setiap bulan jumlah karyawan kontrak yang habis masa kerjanya bervariasi dan jika ditotal sekitar 1.000 orang. Namun, ada pula karyawan kontrak baru sehingga jumlahnya tidak signifikan.

“Relatif kecil dibandingkan total karyawan ADM yang mencapai 13.000 orang lebih,” kata Amelia.

Selama wabah Covid-19 dan penetapan pembatasan sosial skala besar (PSBB) di Jakarta dan Jawa Barat, Daihatsu memberlakukan sistem kerja 50% di rumah dan 50% di kantor atau pabrik secara bergantian.

“Untuk yang bekerja di office, harus jaga jarak sesuai protokol Covid-19. Di samping itu kami juga memasang partisi karena komitmen kami karyawan adalah aset perusahaan,” ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com