Ada Kompetisi Modifikasi Gerobak Listrik di IMX 2020

Ada Kompetisi Modifikasi Gerobak Listrik di IMX 2020
Gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 akan menghadirkan acara baru, yakni kompetisi modifikasi gerobak listrik (Gelis) menjadi kendaraan penunjang usaha ramah lingkungan. (Foto: Istimewa)
Harso Kurniawan / HK Jumat, 17 Juli 2020 | 21:32 WIB

JAKARTA, Investor.id - Gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 akan menghadirkan acara baru, yakni kompetisi modifikasi gerobak listrik (Gelis) menjadi kendaraan penunjang usaha ramah lingkungan, fungsional, dan terjangkau bertajuk Gelis Tuner Competition.

Kegiatan ini di dorong oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama PT Solar Panel Indonesia (SPI) selaku produsen Gelis dan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) untuk memicu produktivitas usaha kecil dan menengah (UKM).

“Gelis akan memenuhi kebutuhan kalangan masyarakat luas, menyentuh level akar rumput untuk turut serta merasakan sensasi teknologi kendaraan listrik yang efisien, harga terjangkau, dan ramah lingkungan dalam menjalankan kegiatan usaha produktif,” ucap Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika dalam keterangan resmi, Jumat (17/7/2020).

Sementara itu, Ary Tjahyono, chief marketing officer SPI menegaskan, penciptaan Gelis didorong dari keinginan dan harapan untuk bisa membantu para pedagang UMKM meningkatkan taraf ekonominya dengan mobilitas yang lebih luas jangkauannya. Dengan Gelis, mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri.

Dalam kegiatan ini, dipilih tiga modifikator yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Tantangannya yaitu membuat konsep modifikasi dengan mengedepankan unsur entrepreneurship atau fungsi yang sejalan dengan jenis usahanya, tanpa mengesampingkan tampilan kendaraan yang menarik. Adapun ketiga modifikator tersebut adalah Marco Chendra (workshop cat merek Raptor dan builder kendaraan offroad), Yomin Sugianto (workshop spesialis lampu dan estetika eksterior Yoong Motor), dan Aldhy Rais (workshop spesialis velg dan lifestyle HSR).

Nantinya, ketiga karya modifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis tersebut akan diluncurkan pada IMX 2020 Sabtu (10/10/2020). Mereka akan memperebutkan kategori bergengsi yaitu Piala Menteri Perindustrian. Kemudian, kendaraan hasil modifikasi tersebut akan dinilai oleh juri yang terdiri atas beberapa unsur. Poin penilaian meliputi craftmanship, safety, ide dan kreatifitas, entrepreneurship, detail dan cleanlines, proper functions.

“NMAA sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemenperin dan SPI melalui kegiatan ini. Lewat kompetisi tersebut secara tersirat memunculkan karakter industri modifikasi Tanah Air yang selalu berkolaborasi, sesuai dengan yang selalu kami gaungkan di setiap gelaran IMX,” ucap Andre Mulyadi, NMAA founder sekaligus IMX project director.



Sumber: BeritaSatu.com