Begini Cara Putar Balik Mobil yang Benar
Logo BeritaSatu

Begini Cara Putar Balik Mobil yang Benar

Minggu, 28 Februari 2021 | 16:05 WIB
Oleh : Herman / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Bagi pengendara pemula, putar balik mobil umumnya cukup sulit dilakukan karena membutuhkan konsentrasi lebih tinggi untuk memperhatikan kendaraan di sekitar, dan juga perlu teknik yang benar agar lebih aman. Secara umum, terdapat dua teknik yang bisa dilakukan, yaitu three point turn dan U turn yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi yang ada saat berkendara.

Seperti apa tekniknya? Berikut tip dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang dirangkum Beritasatu.com, Minggu (28/2/2021).

Teknik Three Point Turn
Sesuai namanya, teknik maju mundur merupakan cara putar balik mobil dengan cara melakukan tiga titik penghentian. Hal ini dikarenakan Anda tidak bisa melakukan putar balik secara langsung dalam sekali coba. Jadi, cara putar balik mobil yang benar adalah dengan menggunakan teknik three point turn ini.

Untuk melakukannya, Anda harus mengatur transmisi ke gigi pertama lalu memutar kemudi berkebalikan dengan posisi mobil, misal mobil di sebelah kiri maka putar kemudi ke kanan, lalu injak pedal gas sambil memutar kemudi ke kanan. Setelahnya, Anda harus kembali mengatur transmisi ke gigi mundur lalu menginjak pedal gas sambil membelokan kemudi ke kiri. Lalu atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas, dan belokkan kemudi ke kanan. Anda bisa menggunakan teknik hand to hand dalam memutar kemudi.

Teknik U Turn
Umumnya teknik ini lebih mudah dilakukan dibandingkan three point turn karena dengan U turn, Anda bisa putar balik secara langsung. Teknik ini adalah cara putar balik mobil yang benar jika Anda ingin ke jalur yang berlawanan arah daripada sebelumnya.

Untuk melakukan teknik ini, Anda harus memepetkan mobil lebih ke pembatas jalan, lalu atur transmisi ke gigi pertama. Jangan terburu menginjak pedal gas, hentikan dulu pergerakan mesin dengan menginjak rem dan pedal kopling, baru jalankan ketika jalan memang sudah aman untuk dilintasi. Kemudian, lepaslah rem secara perlahan lalu belokkan kemudi dengan baik. Perhatikan juga kendaraan kecil seperti sepeda motor yang ada di sebelah kanan posisi kendaraan.

Selain teknik cara putar balik mobil yang benar, Anda juga harus memperhatikan sekeliling supaya berkendara tetap aman, terlebih di jalan yang ramai. Pertama, Anda harus memastikan bahwa jalan putar balik yang akan dilewati memang diperbolehkan untuk putar balik. Kedua, pastikan Anda menyalakan lampu sign untuk memberi tanda ke pengendara di belakang atau depan. Nyalakan lampu sign sesuai dengan arah ke mana akan berbelok.

Ketiga, memerhatikan ruang ketika akan putar balik, apakah cukup atau tidak. Biasanya, ketika akan putar balik ke wilayah jalan yang berkebalikan dengan arah semula, pasti akan banyak pengendara lain yang juga akan berbelok. Tetaplah tertib dan patuhi aturan lalu lintas, serta bersabar menunggu giliran untuk maju.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

HUT Astra Ke-64, Daihatsu Hadirkan Promo Servis bagi Pelanggan

Promo ini mulai berlaku sejak 15 Februari hingga 20 Maret 2021 di bengkel resmi Daihatsu yang bercabang Astra.

OTOMOTIF | 26 Februari 2021

Mengulik Fitur Terbaru di Mitsubishi New Pajero Sport

Mitsubishi New Pajero Sport hadir dengan beragam fitur dan teknologi terbaru, yang membuatnya semakin terlihat gagah dan mewah.

OTOMOTIF | 26 Februari 2021

Indonesia Jadi Penyumbang Terbesar Penjualan Pajero Sport di Dunia

Konsumen Indonesia menjadi penyumbang penjualan Pajero Sport terbesar di dunia, dengan 89.000 unit.

OTOMOTIF | 26 Februari 2021

Penjualan Mobil Listrik Wuling ini Sudah Lewati Tesla

Di Tiongkok, rentang harga mobil ini antara Rp 63 juta sampai Rp 70 juta.

OTOMOTIF | 25 Februari 2021

Kendaraan Listrik DFSK Siap Meluncur Bulan Maret

DFSK sangat serius saat masuk ke Indonesia dengan langsung membangun pabrik di Cikande, Serang, dengan kapasitas produksi 50.000 unit dalam setahun.

OTOMOTIF | 22 Februari 2021

Pengamat: DP 0% Belum Tentu Dongkrak Kredit Kendaraan

BI telah mengeluarkan kebijakan untuk melonggarkan ketentuan Uang Muka Kredit menjadi 0%.

OTOMOTIF | 18 Februari 2021

Pemangkasan PPnBM Dongkrak Penjualan Mobil hingga 70.000 Unit Sebulan

Tahun lalu industri otomotif mendapat pukulan berat, sehingga target penjualan mobil pada 2020 harus direvisi turun dari 1,11 juta unit menjadi 525.000 unit.

OTOMOTIF | 18 Februari 2021

Soal Insentif PPnBM Mobil, Mitsubishi Masih Tunggu Aturan Teknis

Insentif fiskal ini diharapkan dapat kembali menggairahkan pasar otomotif di Indonesia, terutama di tengah pandemi.

OTOMOTIF | 16 Februari 2021

Tinggalkan BBM, Mobil Jaguar 100% Bertenaga Listrik di 2025

JLR mengatakan akan tetap membuka ketiga pabriknya di Inggris.

OTOMOTIF | 16 Februari 2021

Sahroni Optimistis Masa Depan Mobil Listrik Semakin Berkembang

Sekretaris Jenderal IMI, Ahmad Sahroni diberi tugas untuk menggencarkan sosialisasi mobil listrik.

OTOMOTIF | 15 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS