Logo BeritaSatu

Ada Insentif PPnBM, Bisnis Multifinance Terdongkrak

Kamis, 10 Juni 2021 | 19:15 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Seiring pulihnya industri otomotif Indonesia berkat adanya relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) kendaraan bermotor, bisnis perusahaan pembiayaan atau multifinance juga mulai memperlihatkan tren pemulihan. Apalagi menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dari 173 perusahaan multifinance di Indonesia, sebanyak 100 perusahaan atau lebih dari 60% memberikan pembiayaan otomotif.

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno mengakui, secara bertahap perusahaan multifinance memang sudah mulai merangkak naik. Hal ini bisa dilihat apabila membandingkan kinerja dari bulan ke bulan (month-to-month), Namun secara year-on-year, kinerja Maret 2021 dibandingkan Maret 2020 masih mengalami tekanan penurunan piutang pembiayaan hingga -18% sampai -19%.

“Untuk pergerakan month-to-month, dari penjualan kendaraan roda empat, kita melihat adanya pergerakan luar biasa. Demand naik tinggi sejalan dengan adanya insentif PPnBM. Ini juga ada pengaruhnya ke kendaraan roda dua yang meningkat, walaupun tidak ada insentif PPnBM,” kata Suwandi dalam acara Zooming with Primus bertajuk “Bisnis Multifinance Rebound” yang disiarkan langsung Beritasatu TV, Kamis (10/6/2021).

Agar industri otomotif bisa terus menggeliat, Suwandi juga berharap agar insentif PPnBM dengan besaran 100% bisa diperpanjang, sehingga pada akhirnya ikut mendorong kinerja industri multifinance. Di sisi lain, Suwandi juga berharap para agen pemegang merek (APM) dapat meningkatkan kapasitas produksinya untuk memenuhi permintaan yang meningkat. “Kalau insentif PPnBM 100% ini diperpanjang, tentu keinginan masyarakat semakin meningkat untuk mengganti kendaraan atau membeli mobil baru,” kata Suwandi.

Direktur Utama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk Hafid Hadeli juga mengakui, pembiayaan di Adira mulai meningkat dari bulan ke bulan sejak adanya relaksasi PPnBM. Misalnya pada Januari 2021, pembiayaan di Adira baru sekitar 50% dari kondisi sebelum pandemi. Kemudian di April 2021 sudah mencapai sekitar 80%. “Kami melihat kelas menengah sudah mulai belanja, apalagi didukung adanya insentif PPnBM, sehingga ini kesempatan yang baik untuk beli mobil,” kata Hafid.

Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan dan Non Bank 2B OJK Bambang W. Budiawan menambahkan, kinerja industri pembiayaan sebetulnya tidak hanya bergantung pada relaksasi saja. Namun Bambang melihat momentum pertumbuhan bulanan ini harus disikapi dengan beberapa perbaikan internal. Sehingga apabila nanti kondisinya sudah lebih baik, perusahaan pembiayaan bisa menangkap peluang yang ada. “Sembari kita melakukan bisnis secara perlahan, tetapi juga internal dari bisnis proses, kemudian profiling customer, hal-hal yang mendukung bisnis seperti teknologi digital juga harus dibenahi. Supaya ketika pemulihan sudah di depan mata, jangan sampai kita kehilangan momentum,” kata Bambang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibas Matic Race 2022, Sarana Promosi Kabupaten Pacitan

Ibas Matic Race 2022 diharapkan dapat menjadi promosi Kabupaten Pacitan ke tingkat nasional. Kejuaraan ini diinisiasi oleh Edhie Baskoro Yudhoyono.

OTOMOTIF | 3 Juli 2022

Perhatikan Tanda Shockbreaker Motor Harus Segera Diganti

Usia pakai shockbreaker tidak tergantung dari berapa lamanya digunakan, tetapi bisa diperhatikan dan dillihat dari gejala dan tanda-tanda secara fisik.

OTOMOTIF | 2 Juli 2022

Berikut Beberapa Tips Agar Mobil Lawas Tidak Mudah Terbakar

Kabar mobil yang terbakar di jalan raya atau jalan tol beberapa kali menjadi pemberitaan dalam beberapa bulan terakhir.

OTOMOTIF | 2 Juli 2022

70Mai Rilis Dashcam Anyar, Dilengkapi Banyak Fitur Canggih

Kamera mobil atau dashcam besutan 70mai dapat merekam berbagai macam peristiwa yang sekiranya dapat merugikan pemilik kendaraan.

OTOMOTIF | 2 Juli 2022

Digelar November, IMOS Bawa Teknologi Baru Sepeda Motor

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) akan menggelar Indonesia Motorcycle Show (IMOS) pada 2-6 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

OTOMOTIF | 2 Juli 2022

Skutik New Honda ADV160 Meluncur, Harga Mulai Rp 36 Juta

PT Astra Honda Motor(AHM) meluncurkan skutik premium New Honda ADV160, yang dipasarkan dua tipe, ABS dan CBS dengan total enam varian warna.

OTOMOTIF | 1 Juli 2022

Cara Klaim Asuransi Mobil kalau Terlibat Tabrakan Beruntun

Duitpintar.com membagikan cara klaim asuransi mobil dalam kecelakaan beruntun, baik untuk mobil yang masih kredit dan asuransi all risk.

OTOMOTIF | 29 Juni 2022

Kapan Sebaiknya Anda Mengganti Kaca Film Mobil?

Kaca film mobil merupakan salah satu komponen penting untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara.

OTOMOTIF | 29 Juni 2022

New Colt L300 Terbaru Ditargetkan Terjual 30.000 Unit

Melalui berbagai ubahan yang dihadirkan, New Colt L300 ditargetkan bisa terjual sebanyak 30.000 unit di tahun pertama sejak diluncurkan.

OTOMOTIF | 28 Juni 2022

Mitsubishi Luncurkan Generasi Terbaru Pickup New Colt L300

Mitsubishi resmi memperkenalkan New Colt L300, generasi terbaru mobil pickup legendaris yang menjadi kendaraan niaga ringan andalan konsumen di Indonesia.

OTOMOTIF | 28 Juni 2022


TAG POPULER

# Pertalite


# Kepala RS Tewas Ditikam


# Timnas U-19


# Presidential Threshold


# Covid-19 di Jepang


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 7 Juli 2022

Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 7 Juli 2022

NEWS | 27 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings