Logo BeritaSatu

NFC Indonesia Perkuat Bisnis Pendukung Kendaraan Listrik

Minggu, 13 Juni 2021 | 10:04 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) pada tahun ini berkomitmen terus mengembangkan bisnis pendukung kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Perseroan bekerja sama dengan PT Sicepat Expres Indonesia dengan membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) PT Energi Selalu Baru (ESB) yang fokus pada bisnis distribusi, baterai, dan infrastruktur pendukung EV.

Investor Relations NFC Indonesia Stanley Tjandra menjelaskan, dalam JV itu, PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) dan PT Telefast Indonesia Tbk (TFAS) memiliki saham minoritas di ESB dengan menyediakan dukungan komersial, infrastruktur dan ekosistem. "ESB juga akan memiliki saham mayoritas di perusahaan manufaktur EV, PT Volta Indonesia Semesta (Volta)," kata dia dalam keterangan tertulisnya Minggu (13/6/2021).

Dia mengataan ESB menggelontorkan dana sebanyak Rp 10,20 miliar sebagai investasi. ESB bertujuan meningkatkan penyerapan dan penerimaan penggunaan EV di Indonesia dengan menyediakan distribusi sepeda motor listrik yang seamless dan layanan penukaran baterai (battery exchange). Hal ini diberdayakan oleh platform digital dan teknologi internet of things (IoT).

Volta akan menjadi rumah produksi utama sepeda motor listrik untuk ESB dimana NFCX menyediakan dan mengelola platform digital untuk registrasi dan pengelolaan kendaraan, pembayaran, dan rewards.

Direktur Utama NFC Indonesia Abraham Theofilus mengatakan, untuk tahap pertama Sicepat akan memesan sebanyak 5.000 unit motor. Sedangkan perseroan akan memberdayakan 84.000 jaringan warung yang dimiliki perseroan sebagai stasiun baterai dan layanan after sales ke depan.

Dia optimistis, bahwa bisnis ini akan berdampak positif bagi perusahaan sejalan rencana pemerintah Indonesia yang menargetkan sebanyak 12 juta electric vehicle dan 17.000 stasiun tukar baterai pada tahun 2025 mendatang. “Potensi bisnis dari EV sangat besar, kita berharap dengan kerja sama dari pihak partner kita yaitu Alfamart, SRC, Telkomsel, Sicepat dan beberapa ekosistem lain, kita juga akan menyiapkan banyak titik untuk electronic charging,” ujarnya.

Sementara PT NFC Indonesia Tbk terus mengembangkan segmen bisnis digital advertising bertumbuh. Perseroan menargetkan member baru 180.000 sampai 190.000 dari 135.000 di tahun 2020 lalu. Target ini sejalan dengan mulai meningkatnya permintaan dan perbaikan kinerja pada klien perseroan. “Kami juga menargetkan jumlah screen yang dikelola bertumbuh menjadi 24.000 screen, dari sebelumnya 15.100 screen tahun 2020,” jelasnya dalam paparan publik virtual, belum lama ini.

Untuk mendukung target itu, perseroan menyiapkan belanja modal berkisar Rp 40 hingga Rp 100 miliar. Sumber dana tersebut berasal dari kas internal. Saat ini perseroan memiliki dana kas Rp 192 miliar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferrari Produksi Mobil Sport yang Tak Mungkin Dimiliki Cristiano Ronaldo

Ferrari memproduksi mobil sport yang Cristiano Ronaldo pun tak mungkin memilikinya karena hanya dibuat satu unit.

OTOMOTIF | 29 September 2022

Ditopang Sigra, Penjualan Ritel Daihatsu Tumbuh 38%

Penjualan ritel Daihatsu hingga Agustus 2022 tercatat sebanyak 123.584 unit, atau naik sekitar 38% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Ini Syarat Indonesia Bisa Punya Kendaraan Listrik Harga Ekonomis

Untuk menciptakan kendaraan listrik yang lebih ekonomis dibutuhkan baterai yang murah, motor buatan dalam negeri, dan stasiun pengecasan yang banyak.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Toyota Siap-siap Produksi Kendaraan Hybrid di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyampaikan akan segera memproduksi kendaraan jenis hybrid di Indonesia.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Toyota Motor Corp Siapkan 35 Kendaraan Listrik di 2030

Toyota Motor Corporation (TMC) akan menghadirkan 35 kendaraan listrik dengan merek Toyota dan Lexus secara global pada 2030.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Honda Segarkan Tampilan Vario 125, Ini Wujud Barunya

PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan tampilan skutik New Honda Vario 125 melalui sentuhan desain sporty.

OTOMOTIF | 26 September 2022

Fitur di New Xpander Cross Ini Bantu Pengguna Hemat BBM

Fitur cruise control yang ada di Mitsubishi Xpander dan New Xpander Cross masih perlu intervensi pengemudi untuk penggunaannya.

OTOMOTIF | 26 September 2022

Ekosistem Kendaraan Listrik Dimulai dari Sistem Energi Nasional

Ekosistem yang perlu disiapkan pemerintah untuk pengembangan kendaraan listrik  dimulai dari penataan ulang sistem energi nasional.

OTOMOTIF | 24 September 2022

Tim Mitsubishi Ralliart Akan Berkompetisi di AXCR 2022

Tim Mitsubishi Ralliart akan berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors.

OTOMOTIF | 23 September 2022

1,5 Tahun Mengaspal, Harga New Pajero Sport Bekas Masih Tinggi

Mitsubishi New Pajero Sport masih jadi favorit masyarakat di segmen SUV 7 kursi ladder frame.

OTOMOTIF | 22 September 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

NEWS | 33 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings