Logo BeritaSatu

Tekan Emisi Karbon dengan Mobil Listrik

Jumat, 17 September 2021 | 14:20 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com – Dunia, termasuk Indonesia, saat ini sedang gencar-gencarnya berupaya mengurangi emisi karbon. Indonesia telah menetapkan target pengurangan emisi sebesar 29% atau 41% dengan bantuan internasional pada 2030. Mobil listrik menjadi salah satu strategi andalan pemerintah untuk mencapai target tersebut. Lantas, seberapa ramah lingkungan mobil listrik?

Menurut Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam siaran pers Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada 1 September lalu, mobil bensin yang menempuh jarak 10 km perjalanan memproduksi emisi CO2 sebesar 2,4 kg. Sedangkan mobil listrik hanya menghasilkan emisi 850 gram untuk jarak yang sama. Emisi mobil listrik tersebut juga berasal dari pembangkit PLN. Pengurangan emisi ini tentunya selaras dengan SDG 13 Climate Action.

Tak hanya ramah lingkungan, mobil listrik juga lebih irit biaya. Satu liter bensin bisa menempuh jarak 10 km setara dengan 1 kWh listrik. Satu liter listrik juga dibanderol dengan harga Rp 9.000, sedangkan 1 kWh listrik hanya Rp 1.500. Mobil listrik memang lebih efisien dan ramah lingkungan. Tetapi apakah mobil listrik tetap memerlukan perlindungan asuransi? Jawabannya, iya. Layaknya mobil konvensional, mobil listrik merupakan aset yang perlu dipelihara karena juga memiliki risiko kerusakan.

Industri asuransi di Indonesia pun sudah tergerak agar mulai menyediakan asuransi mobil listrik. Sebut saja PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance). Emiten anak BUMN Pertamina telah bekerja sama dengan PT Hyundai Motors Indonesia (HMD). Nama Hyundai di dunia otomotif memang sudah tidak asing lagi. Diketahui, mobil listrik Hyundai yakni IONIQ dan KONA ini sudah mendarat di tanah air.

Untuk mendukung penggunaan mobil listrik, Tugu Insurance bersama HMD menghadirkan asuransi mobil listrik lewat produk t-drive. Ini juga menjadi langkah Tugu Insurance untuk mendukung pencapaian SDGs di Indonesia. Nasabah bisa memilih fitur “New for Old” untuk penggantian dengan mobil baru apabila terjadi kerusakan total dalam periode satu tahun. Atau “Cover for Charging Protection” yaitu perlindungan untuk cover charger. Semua perbaikan ini dilakukan di authorized workshop Hyundai. Menarik, bukan? Untuk informasi lebih lanjut terkait produk asuransi Tugu Insurance, hubungi call center Call TIA 1500 458 atau dapat mengakses situs web www.tugu.com.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Honda Segarkan Tampilan Vario 125, Ini Wujud Barunya

PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan tampilan skutik New Honda Vario 125 melalui sentuhan desain sporty.

OTOMOTIF | 26 September 2022

Fitur di New Xpander Cross Ini Bantu Pengguna Hemat BBM

Fitur cruise control yang ada di Mitsubishi Xpander dan New Xpander Cross masih perlu intervensi pengemudi untuk penggunaannya.

OTOMOTIF | 26 September 2022

Ekosistem Kendaraan Listrik Dimulai dari Sistem Energi Nasional

Ekosistem yang perlu disiapkan pemerintah untuk pengembangan kendaraan listrik  dimulai dari penataan ulang sistem energi nasional.

OTOMOTIF | 24 September 2022

Tim Mitsubishi Ralliart Akan Berkompetisi di AXCR 2022

Tim Mitsubishi Ralliart akan berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors.

OTOMOTIF | 23 September 2022

1,5 Tahun Mengaspal, Harga New Pajero Sport Bekas Masih Tinggi

Mitsubishi New Pajero Sport masih jadi favorit masyarakat di segmen SUV 7 kursi ladder frame.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Beralih ke Sepeda Motor Listrik? Ini Aneka Pilihan Modelnya

Terdapat berbagai jenis sepeda motor listrik yang bisa digunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Busworld Southeast Asia 2022 Bidik Transaksi Rp 4 Triliun

Pemeran Busworld Southeast Asia 2022 akan hadir di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 5- 7 Oktober 2022 mendatang.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Permintaan Komponen Otomotif Dharma Polimetal Naik 30%

Emiten produsen komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) mengalami lonjakan permintaan dibandingkan rata-rata permintaan Januari-April 2022.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Penjualan Mobil Listrik di 2022 Sudah Lampaui Tahun Lalu

Harga mobil listrik tergolong tinggi dan mayoritasnya berstatus impor, hanya dua merk yang diproduksi dalam negeri Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5

OTOMOTIF | 20 September 2022

Menhub: Konversi Kendaraan BBM ke Listrik Diupayakan Dapat Subsidi

Kemenhub mengupayakan pemberian subsidi dapat dilakukan terhadap biaya konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak (BBM) ke KBLBB.

OTOMOTIF | 20 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Thohir Incar Investasi dari Adani Group

Erick Thohir Incar Investasi dari Adani Group

EKONOMI | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings