Logo BeritaSatu

Grup Astra Ekspansi di Bisnis Baterai Kendaraan Listrik

Selasa, 9 November 2021 | 05:23 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) berencana mengembangkan produk untuk penunjang kendaraan listrik (electric vehicle/EV) seperti baterai seiring rencana pemerintah mendorong sekor tersebut di Indonesia.

Presiden Direktur AUTO, Hamdhani Dzulkarnaen mengungkapkan, nantinya perseroan akan menyiapkan sejumlah komponen suku cadang kendaraan listrik, antara lain, baterai lithium, inverter dan electro motor.

Hanya saja, Hamdani belum dapat merinci lebih lanjut dengan calon mitra yang ditunjuk bekerja sama dengan AUTO. "Namun, kami di kondisi mempersiapkan proses diversifikasi dan inovasi terkait kendaraan elektrifikasi," kata Hamdani, dalam paparan publik virtual, Senin (8/11/2021).

Dia juga optimistis pada akhir tahun 2021 dapat memenuhi target pendapatan 2021 menyusul penghapusan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dan pelonggaran pembatasan sosial. “Bahkan, selama 2 bulan terakhir, permintaan produk kami meningkat drastis yang berasal dari ritel hingga bussines to bussines (B2B),” jelasnya.

Meningkatnya penjualan komponen otomotif itu, lanjut Hamdani, disumbang oleh bengkel-bengkel resmi milik perseroan, bisnis unit yang berkonsep waralaba komponen otomotif seperti Shop & Drive, Astra Otoservice serta penjualan melalui kanal daring/online.

Untuk diketahui, perseroan saat ini telah memiiki 372 jaringan Shop & Drive, 19 Shop & Bike dan 3 Astra Otoservice. Segmen itu, juga termasuk dalam rencana perseroan untuk terus dikembangkan ke depanya pada tahun ini dan tahun depan.

Momentum positif tersebut, juga dimanfaatkan perseroan dengan mengeluarkan beberapa produk terbaru selain dari bisnis inti. Dalam paparan, Hamdani menyebutkan tiga produk baru itu yakni masker transparan dan elektrik, face shield, corona finger, UV sterilizer, smart door acces, air purifier dan juga helm sepeda. “Salah satu produk terbaru kami, yakni helm sepeda dipilih sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat atas kesehatan dan lingkungan dengan menggunakan sepeda sebagai kendaraan ramah lingkungan,” ujarnya.

Sementara hingga kuartal III 2021, AUTO berhasil membalikan rugi Rp 242,92 miliar menjadi untung Rp 446,44 miliar. Direktur perseroan Wanny Wijaya menjelaskan, kinerja positif dapat dicapai berkat peningkatan pendapatan pada dua sektor yakni manufaktur dan perdagangan.

Pada periode itu, pendapatan bersih mencapai Rp 11,04 triliun, meningkat 27,93% dari sebelumnya Rp 8,63 triliun. Terdiri dari pendapatan pihak ketiga lokal sebanyak Rp 6,63 triliun atau meningkat 22,10% dari sebelumnya Rp 5,43 triliun. Diikuti oleh segmen ekspor yang bertumbuh 11,55% menjadi Rp 957,14 miliar dari Rp 858,04 miliar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Honda Segarkan Tampilan Vario 125, Ini Wujud Barunya

PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan tampilan skutik New Honda Vario 125 melalui sentuhan desain sporty.

OTOMOTIF | 26 September 2022

Fitur di New Xpander Cross Ini Bantu Pengguna Hemat BBM

Fitur cruise control yang ada di Mitsubishi Xpander dan New Xpander Cross masih perlu intervensi pengemudi untuk penggunaannya.

OTOMOTIF | 26 September 2022

Ekosistem Kendaraan Listrik Dimulai dari Sistem Energi Nasional

Ekosistem yang perlu disiapkan pemerintah untuk pengembangan kendaraan listrik  dimulai dari penataan ulang sistem energi nasional.

OTOMOTIF | 24 September 2022

Tim Mitsubishi Ralliart Akan Berkompetisi di AXCR 2022

Tim Mitsubishi Ralliart akan berkompetisi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors.

OTOMOTIF | 23 September 2022

1,5 Tahun Mengaspal, Harga New Pajero Sport Bekas Masih Tinggi

Mitsubishi New Pajero Sport masih jadi favorit masyarakat di segmen SUV 7 kursi ladder frame.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Beralih ke Sepeda Motor Listrik? Ini Aneka Pilihan Modelnya

Terdapat berbagai jenis sepeda motor listrik yang bisa digunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari.

OTOMOTIF | 22 September 2022

Busworld Southeast Asia 2022 Bidik Transaksi Rp 4 Triliun

Pemeran Busworld Southeast Asia 2022 akan hadir di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 5- 7 Oktober 2022 mendatang.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Permintaan Komponen Otomotif Dharma Polimetal Naik 30%

Emiten produsen komponen otomotif, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) mengalami lonjakan permintaan dibandingkan rata-rata permintaan Januari-April 2022.

OTOMOTIF | 20 September 2022

Penjualan Mobil Listrik di 2022 Sudah Lampaui Tahun Lalu

Harga mobil listrik tergolong tinggi dan mayoritasnya berstatus impor, hanya dua merk yang diproduksi dalam negeri Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5

OTOMOTIF | 20 September 2022

Menhub: Konversi Kendaraan BBM ke Listrik Diupayakan Dapat Subsidi

Kemenhub mengupayakan pemberian subsidi dapat dilakukan terhadap biaya konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak (BBM) ke KBLBB.

OTOMOTIF | 20 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

Disanksi Demosi 4 Tahun, AKBP Raindra Tak Ajukan Banding

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings