Logo BeritaSatu

Gelis Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik dan Bisnis UMKM

Kamis, 25 November 2021 | 16:27 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – PT Solar Panel Indonesia, produsen kendaraan listrik merek Gelis (gerobak listrik) mendukung upaya pemerintah mempercepat ekosistem kendaraan listrik sebagai upaya menekan emisi karbon (dekarbonisasi). Selain itu, Gelis mendorong efisiensi bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Untuk memasyarakatkan penggunaan kendaraan listrik, PT Solar Panel Indonesia mengikuti pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang dinisiasi Badan Riset dan Inovasi Nasonal (BRIN) di Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan pada 24 –26 November 2021.

Deputy Marketing Director PT Solar Panel Indonesia Sany Yoedo mengatakan bahwa pameran IEMS 2021 menjadi ajang untuk sosialisasi kepada publik tentang benefit kendaraan listrik. Kendaraan listrik kata dia, efektif untuk menurunkan emisi karbon. "Selain itu, memiliki biaya operasional lebih rendah dibandingkan kendaraan konvensional (internal combustion engine/ICE)," kata Sany dalam keterangan tertulisnya Kamis (25/11/2021).

Dia mengatakan Solar Panel Indonesia ingin membantu pelaku UMKM agar kembali bangkit dari pandemi Covid-19. Sebagai pioneer kendaraan listrik roda tiga, Gelis yang merupakan karya anak bangsa cocok untuk UMKM. “Gelis yang didesain kendaraan listrik niaga, efisien dan ideal untuk UMKM,” tuturnya.

Saat ini Gelis hadir sebagai salah satu pilihan kendaraan roda tiga bermotor listrik yang ramah lingkungan dengan harga terjangkau dan berbiaya operasional ekonomis. “Dengan menggunakan produk kami, biaya operasional dapat ditekan hingga 75% dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar konvesional (BBM)," kata dia.

Secara keseluruhan ada delapan model utama Gelis, termasuk produk terbaru “All New Gelis" varian kargo dan pickup. Produk Gelis dibanderol mulai Rp 20 juta hingga Rp 50 juta. Solar Panel Indonesia telah membangun pabrik di wilayah Cikeas, Jawa Barat pada 2020 dengan kapasitas produksi mencapai 2.000 unit per tahun. Hal ini untuk mendukung ekspansi Gelis ke seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan juga memiliki 12 dealer yang tersebar di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Batam, sampai Bali.

Pameran IEMS 2021 resmi dibuka oleh Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dan dihadiri Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Dalam sambutannya, Moeldoko menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo telah menegaskan soal transisi energi fosil ke energi baru dan terbarukan tidak bisa ditunda lagi dan harus disusun dalam rencana matang. “Presiden menyampaikan bahwa electric vehicle tidak bisa ditawar lagi. Kesempatan untuk investasi (ekosistem kendaraan listrik) dibuka selebar-lebarnya. Transisi energi menjadi keharusan, sehingga harus diperkuat pondasi sebaik-baiknya," tegas Moeldoko.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kenalkan Alessa, PPM Ramaikan Pasar Motor Listrik Nasional

PT Pintar Pilih Motor (PPM) mempraktikan model bisnis dan investasi yang sustainable, melalui pendistribusian dan penjualan motor listrik Alessa.

OTOMOTIF | 5 Oktober 2022

Dorong Transisi Energi, GEM Gelar Pameran Kendaraan Listrik

Pameran EV Indonesia 2022 dapat mendorong pertumbuhan produsen dan perakitan kendaraan listrik di Indonesia.

OTOMOTIF | 3 Oktober 2022

Kuartal III, Pengiriman Kendaraan Tesla Capai 343.000

Produsen kendaraan listrik Tesla merilis angka produksi dan pengiriman kendaraan listrik kuartal ketiga 2022.

OTOMOTIF | 3 Oktober 2022

Ferrari Produksi Mobil Sport yang Tak Mungkin Dimiliki Cristiano Ronaldo

Ferrari memproduksi mobil sport yang Cristiano Ronaldo pun tak mungkin memilikinya karena hanya dibuat satu unit.

OTOMOTIF | 29 September 2022

Ditopang Sigra, Penjualan Ritel Daihatsu Tumbuh 38%

Penjualan ritel Daihatsu hingga Agustus 2022 tercatat sebanyak 123.584 unit, atau naik sekitar 38% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Ini Syarat Indonesia Bisa Punya Kendaraan Listrik Harga Ekonomis

Untuk menciptakan kendaraan listrik yang lebih ekonomis dibutuhkan baterai yang murah, motor buatan dalam negeri, dan stasiun pengecasan yang banyak.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Toyota Siap-siap Produksi Kendaraan Hybrid di Indonesia

PT Toyota Astra Motor (TAM) menyampaikan akan segera memproduksi kendaraan jenis hybrid di Indonesia.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Toyota Motor Corp Siapkan 35 Kendaraan Listrik di 2030

Toyota Motor Corporation (TMC) akan menghadirkan 35 kendaraan listrik dengan merek Toyota dan Lexus secara global pada 2030.

OTOMOTIF | 28 September 2022

Honda Segarkan Tampilan Vario 125, Ini Wujud Barunya

PT Astra Honda Motor (AHM) menyegarkan tampilan skutik New Honda Vario 125 melalui sentuhan desain sporty.

OTOMOTIF | 26 September 2022

Fitur di New Xpander Cross Ini Bantu Pengguna Hemat BBM

Fitur cruise control yang ada di Mitsubishi Xpander dan New Xpander Cross masih perlu intervensi pengemudi untuk penggunaannya.

OTOMOTIF | 26 September 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dongkrak Pendapatan, Wahana Pronatural Rambah Bisnis Minuman

Dongkrak Pendapatan, Wahana Pronatural Rambah Bisnis Minuman

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings