Logo BeritaSatu

Optimistis Tumbuh Double Digit, Dharma Polimetal Siapkan Strategi

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:41 WIB
Oleh : Nabil Syarifudin Alfaruq / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA), emiten komponen otomotif, pada 2022 menargetkan pertumbuhan kinerja hingga double digit atau sekitar 20% dibandingkan capaian pada tahun 2021. Optimisme ini seiring naiknya target penjualan mobil nasional oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan kesiapan perseroan memproduksi komponen baru.

Berdasarkan keterangan resmi, Selasa (25/1/2022), sepanjang tahun 2021, penjualan perseroan mencapai Rp 3 triliun atau naik 50% dibandingkan tahun sebelumnya.

Presiden Direktur Dharma Polimetal Irianto Santoso mengatakan, perseroan optimistis akan meraih pertumbuhan penjualan dan laba bersih double digit pada 2022. “Target ini cukup realistis berdasarkan prospek pertumbuhan industri otomotif serta tingkat density kepemilikan mobil per-jumlah penduduk yang masih rendah, “ ujar dia.

Selain itu, dukungan pemerintah lewat kebijakan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) kendaraan bermotor akan memacu produsen otomotif untuk mengeluarkan model baru sehingga berpengaruh terhadap permintaan komponen baru.

Untuk mencapai target ini, perseroan menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sekitar Rp 247 miliar untuk ekspansi pabrik dan membeli mesin baru. “Selain itu, perseroan melakukan diversifikasi bisnis dengan pengembangan komponen electric vehicle (EV) dan produksi 3W atau kendaraan roda tiga (PowerAce),” ujar dia.

Irianto menyampaikan, perseroan baru saja melakukan penawaran umum perdana (Initial Public Offering/IPO) saham pada akhir tahun lalu, di mana dana yang didapat akan mendukung strategi perseroan pada tahun ini. “Sebagian besar dana hasil IPO tersebut akan digunakan untuk membangun pabrik baru dan pembelian mesin-mesin untuk memproduksi komponen yang baru yang kami dapat dari customer-customer kami, baik untuk roda empat maupun roda dua,” ujar dia.

Selain melakukan ekspansi pabrik, strategi perseroan lainnya adalah terus meningkatkan optimalisasi dan digitalisasi proses produksi dan excellence di dalam operasi agar mampu bersaing di tingkat nasional maupun global.

Irianto memaparkan, perseroan memiliki klien-klien dengan merek internasional, mulai Daihatsu, Toyota, Honda dan Hyundai yang sudah menerapkan system global purchasing. Artinya, produk yang dihasilkan Perusahaan akan dibandingkan dengan supplier dari negara-negara lainnya, sehingga aspek QCD (quality, cost and delivery) akan sangat menentukan.

"Oleh karena itu, salah satu strategi kami adalah bagaimana menjaga konsistensi QCD serta terus meningkatkan teknologi, research and development dan engineer di mana hal tersebut akan menjadi kunci dari kesuksesan DRMA dalam memenangkan persaingan,” ujar dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mercedes Benz Indonesia Luncurkan Mobil Listrik, Harga Mulai Rp 2 Miliaran

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia meluncurkan kendaraan listrik pertamanya di Indonesia, yaitu Mercedes-EQ.

OTOMOTIF | 9 Desember 2022

Serunya Balap Motor Ojek Gabah, Rayakan Panen Berlimpah

Balap motor ojek gabah diikuti warga laki-laki dari usia 15 hingga 40 tahun dalam rangka syukur atas hasil panen padi yang melimpah.

OTOMOTIF | 5 Desember 2022

Penjualan Kendaraan Listrik Hyundai dan Kia di AS Melempem

Penjualan kendaraan listrik oleh Hyundai Motor Co dan afiliasinya yang lebih kecil Kia Corp. tenggelam di pasar Amerika Serikat.

OTOMOTIF | 4 Desember 2022

Indonesia Sambut Elektrifikasi Industri Otomotif, Tantangannya?

Di tengah upaya eskalasi kontribusi sebagai basis produksi dan ekspor global, Indonesia menyongsong era elektrifikasi industri otomotif nasional.

OTOMOTIF | 1 Desember 2022

IKN Uji Coba Mobil Terbang pada 2024

IKN akan melakukan uji coba mobil terbang pada 2024. Hal itu dikatakan Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN.

OTOMOTIF | 30 November 2022

Alami Pecah Ban, Rifat Sungkar Finis Kelima AXCR 2022

Rifat Sungkar yang tergabung dalam tim Mitsubishi Ralliart berhasil finis di posisi kelima dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022.

OTOMOTIF | 28 November 2022

Pasar Otomotif Pulih, Ini Strategi BOLT Genjot Penjualan

Sejalan pulihnya permintaan otomotif pascapandemi, PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT) mendorong penjualan dengan pengembangan produk dan pemasaran.

OTOMOTIF | 25 November 2022

Menhub: Mobil Listrik Masih Baru, Semoga Menginspirasi Masyarakat

Menhub berharap, mobil listrik yang relatif baru dapat menginspirasi masyarakat untuk memilikinya.

OTOMOTIF | 22 November 2022

Keuntungan Kendaraan Listrik, Lebih Irit hingga Dapat Insentif

Menhub Budi Karya membeberkan keuntungan menggunakan kendaraan listrik dibanding konvensional.

OTOMOTIF | 22 November 2022

Puji Investasi Toyota, Airlangga: Masa Depan Kendaraan Listrik Cerah

"Semoga investasi Toyota dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia dapat memunculkan investasi-investasi baru lainnya," kata Airlangga.

OTOMOTIF | 21 November 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menit Ke-35, Nehuel Molina Bawa Argentina Ungguli Belanda

Menit Ke-35, Nehuel Molina Bawa Argentina Ungguli Belanda

SEMESTA BOLA 2022 | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE