Logo BeritaSatu

Mengenal Alessa eX3000, Motor Listrik Buatan Dalam Negeri

Sabtu, 25 Juni 2022 | 23:24 WIB
Oleh : FFS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Alessa Motors Nusantara mengenalkan sepeda motor listrik Alessa eX3000 yang mengusung teknologi smart battery. Sepeda motor listrik ini merupakan produk dalam negeri dan dirakit langsung di Cikarang, Jawa Barat.

"Alessa eX3000 adalah produk dalam negeri, merek dalam negeri dan 100 persen dimiliki orang Indonesia. Perusahaannya berdiri dari tahun 2019, bukan dari penanaman modal asing (PMA),” kata President Director & Founder Alessa Motors Nusantara, Tindjaja Soetadji dalam keterangan pers, Sabtu (25/6/2022).

Advertisement

Soetadji menjelaskan, pabrik Alessa Motors di Cikarang mampu memproduksi sepeda motor listrik sebanyak 200 unit per hari.

“Kapasitas produksi kami 200 unit per hari. Perusahaan kami mengadopsi strukturnya perusahaan startup, tidak punya karyawan dalam jumlah banyak tetapi kami bermitra dengan perusahaan UKM lainnya," katanya.

Doktor bidang robotik lulusan Jerman itu menjelaskan, Alessa eX3000 menggunakan smart battery dengan daya 2 Kwh. Sementara sejumlah motor di kelas yang sama memiliki daya baterai di bawahnya yaitu 1,2 atau 1,5 Kwh.

"Dengan daya 2 Kwh tersebut, jarak tempuh baterai Alessa eX3000 bisa mencapai kecepatan rata-rata 70 km/jam," jelas dia.

“Kami datang dengan konsep spesifikasi tinggi, harga terjangkau. Desain kita minimalis tapi bergaya anak muda," kata Soetadji menambahkan.

Dijelaskan, Alessa berencana menyediakan ekosistem kendaraan listrik lengkap mulai dari baterai, charging and swap station hingga aplikasi perangkat lunaknya.

Untuk memaksimalkan pelayanan, Alessa dalam enam bulan ke depan akan membangun 200 charging and swap station. Selain di Jabodetabek, Alessa juga akan membangun charging and swap station di beberapa daerah lain di Indonesia.

Soetadji berharap iklim industri otomotif berbasis listrik di Indonesia dapat semakin positif yang disertai kejelasan regulasi yang dikeluarkan pemerintah pusat maupun daerah.

Handojo Sutjipto selaku Commissioner & Co-Founder PT Alessa Motor Nusantara berharap pemerintah Indonesia yang telah menargetkan net zero emissions di tahun 2060 akan mendukung industri otomotif berbasis listrik buatan dalam negeri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekspansi, Interior Mobil Hardy Classic Buka Workshop di BSD

Hardy Classic, yang bergerak di bidang interior mobil melakukan ekspansi usaha dengan membuka workshop di kawasan BSD tepatnya Gading Serpong.

OTOMOTIF | 13 Agustus 2022

Tujuh Sepeda Motor Listrik Ikut Diluncurkan di GIIAS 2022

Sejumlah brand sepeda motor listrik ikut ambil bagian dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 202.

OTOMOTIF | 12 Agustus 2022

Auksi Terima Titip Jual Kendaraan, Solusi Jual Mobil Cepat

Auksi menghadirkan layanan titip jual kendaraan dari pelanggan perorangan yang sebelumnya hanya tersedia untuk perusahaan mitra.

OTOMOTIF | 12 Agustus 2022

Daihatsu Resmi Luncurkan Penyegaran Rocky di GIIAS 2022

Daihatsu Rocky memberikan penyegaran pada sisi eksterior, khususnya varian ADS dengan mengusung konsep mobil SUV Compact yang modern, active, dan sporty.

OTOMOTIF | 12 Agustus 2022

Gajah Tunggal Pamerkan Ban Unggulan di GIIAS 2022

Booth PT Gajah Tunggal Tbk di GIIAS 2022 menghadirkan line up produk-produk ban terbaik GT Radial seperti ban Champiro SXR.

OTOMOTIF | 12 Agustus 2022

Ongkos Mobil Listrik Lebih Murah daripada BBM, Ini Hitungannya

PT PLN (Persero) terus memperkuat ekosistem kendaraan listrik atau mobil listrik di Indonesia.

OTOMOTIF | 11 Agustus 2022

Aplikasi Samsat Nasional Signal Hadir di GIIAS 2022

Aplikasi Signal atau Samsat Digital Nasional turut berpartisipasi dalam Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2022.

OTOMOTIF | 11 Agustus 2022

Mitsubishi Perkenalkan New Xpander Cross di GIIAS 2022

MMKSI memperkenalkan pembaruan dari salah satu model flagship Mitsubishi Motors yaitu New Xpander Cross di GIIAS 2022.

OTOMOTIF | 11 Agustus 2022

Harga Jual Jadi Tantangan Utama Mobil Listrik di Indonesia

Minimnya penjualan kendaraan listrik di Indonesia salah satunya disebabkan oleh harga jual mobil listrik yang masih tinggi dibandingkan mobil konvensional.

OTOMOTIF | 11 Agustus 2022

Mitsubishi Fuso Pamer Mobil Ramah Lingkungan di GIIAS 2022

Produk yang ditampilkan Mitsubishi Fuso di GIIAS 2022 terdiri dari tiga unit Fuso Euro4 line up dan e-Canter, kendaraan komersial dengan tenaga listrik.

OTOMOTIF | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekuk Wolfsburg, Bayern Muenchen Selalu Menang dalam 2 Partai Awal

Tekuk Wolfsburg, Bayern Muenchen Selalu Menang dalam 2 Partai Awal

BOLA | 1 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings