Logo BeritaSatu

Ini Syarat Indonesia Bisa Punya Kendaraan Listrik Harga Ekonomis

Rabu, 28 September 2022 | 15:35 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Untuk mendukung upaya peralihan dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM) ke kendaraan listrik bisa dilakukan dengan lebih cepat, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong sektor industri, perguruan tinggi, dan pemangku kepentingan terkait bersama-sama pemerintah berkolaborasi menciptakan kendaraan listrik dengan harga yang lebih ekonomis.

Menhub mengungkapkan, ada tiga hal yang harus diupayakan untuk menciptakan kendaraan listrik yang lebih ekonomis. Pertama yaitu membuat baterai dengan harga kompetitif namun memiliki daya jelajah yang tinggi. Kedua, memproduksi motor produk dalam negeri, dan ketiga, memperbanyak stasiun pengisian baterai.

“Apabila ketiga hal ini dilakukan dengan sistematis akan memberikan harga kendaraan listrik yang relatif lebih murah,” kata Menhub saat membuka Indonesia Electric Motor Show 2022 (IEMS 2022) di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Dengan harga yang lebih murah, diharapkan akan tercipta ekuilibrium keekonomian kendaraan listrik, di mana akan terjadi keseimbangan antara jumlah yang diproduksi dengan penggunanya. “Pada titik tertentu akan terjadi jumlah ledakan antara produksi dengan pengguna kendaran listrik. Saya yakin kendaraan listrik memiliki masa depan yang baik,” tutur Menhub.

Pemerintah sendiri telah mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia dengan mengeluarkan sejumlah regulasi dan kebijakan. Menhub mengapresiasi upaya kolaborasi dari perguruan tinggi, peneliti, dan sektor industri, yang turut mendukung pemerintah untuk mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Regulasi dan kebijakan dari pemerintah, serta kajian dan penelitian dari perguruan tinggi akan menjadi lengkap ketika industri melakukan inovasi dan menangkap peluang industri kendaraan listrik yang potensinya sudah terlihat di depan mata,” kata Menhub.

Secara khusus, Menhub juga mengapresiasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang telah konsisten menggelar kegiatan pameran kendaraan listrik seperti IEMS. IEMS 2022 diselenggarakan pada 28-30 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) dengan mengusung tema “Strengthening Autonomous Ecosystem".



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Serunya Balap Motor Ojek Gabah, Rayakan Panen Berlimpah

Balap motor ojek gabah diikuti warga laki-laki dari usia 15 hingga 40 tahun dalam rangka syukur atas hasil panen padi yang melimpah.

OTOMOTIF | 5 Desember 2022

Penjualan Kendaraan Listrik Hyundai dan Kia di AS Melempem

Penjualan kendaraan listrik oleh Hyundai Motor Co dan afiliasinya yang lebih kecil Kia Corp. tenggelam di pasar Amerika Serikat.

OTOMOTIF | 4 Desember 2022

Indonesia Sambut Elektrifikasi Industri Otomotif, Tantangannya?

Di tengah upaya eskalasi kontribusi sebagai basis produksi dan ekspor global, Indonesia menyongsong era elektrifikasi industri otomotif nasional.

OTOMOTIF | 1 Desember 2022

IKN Uji Coba Mobil Terbang pada 2024

IKN akan melakukan uji coba mobil terbang pada 2024. Hal itu dikatakan Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN.

OTOMOTIF | 30 November 2022

Alami Pecah Ban, Rifat Sungkar Finis Kelima AXCR 2022

Rifat Sungkar yang tergabung dalam tim Mitsubishi Ralliart berhasil finis di posisi kelima dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022.

OTOMOTIF | 28 November 2022

Pasar Otomotif Pulih, Ini Strategi BOLT Genjot Penjualan

Sejalan pulihnya permintaan otomotif pascapandemi, PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT) mendorong penjualan dengan pengembangan produk dan pemasaran.

OTOMOTIF | 25 November 2022

Menhub: Mobil Listrik Masih Baru, Semoga Menginspirasi Masyarakat

Menhub berharap, mobil listrik yang relatif baru dapat menginspirasi masyarakat untuk memilikinya.

OTOMOTIF | 22 November 2022

Keuntungan Kendaraan Listrik, Lebih Irit hingga Dapat Insentif

Menhub Budi Karya membeberkan keuntungan menggunakan kendaraan listrik dibanding konvensional.

OTOMOTIF | 22 November 2022

Puji Investasi Toyota, Airlangga: Masa Depan Kendaraan Listrik Cerah

"Semoga investasi Toyota dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia dapat memunculkan investasi-investasi baru lainnya," kata Airlangga.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Ini Keunggulan Sistem Hybrid di Kijang Innova Zenix

Toyota menyematkan teknologi Toyota hybrid system generasi ke-5 pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid.

OTOMOTIF | 21 November 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jumat, Polisi Akan Umumkan Penyebab Kematian Satu Keluarga

Jumat, Polisi Akan Umumkan Penyebab Kematian Satu Keluarga

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE