Logo BeritaSatu

Dorong Transisi Energi, GEM Gelar Pameran Kendaraan Listrik

Senin, 3 Oktober 2022 | 10:07 WIB
Oleh : Zsazya Senorita / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Global Expo Management (GEM) Indonesia akan menggelar pameran teknologi dan komponen kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada 5-7 Oktober 2022. Pameran EV Indonesia 2022 akan menghadirkan lebih 60 perusahaan kendaraan listrik, peralatan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), serta komponen dan teknologi untuk mendukung produsen dan perakitan kendaraan listrik.

“Kabar gembira bagi para produsen dan perakitan kendaraan listrik bahwa GEM Indonesia yang merupakan penyelenggara pameran suku cadang otomotif terbesar di Asia Tenggara akan menggelar pameran EV Indonesia 2022 yang berkonsep B2B (business to business),” ujar Direktur Utama Global Expo Management (GEM) Baki Lee dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Baki berharap, pameran EV Indonesia 2022 dapat mendorong pertumbuhan produsen dan perakitan kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah, yang mempercepat pembangunan infrastruktur energi baru terbarukan (EBT), hingga mengembangkan ekosistem industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) melalui Peta Jalan Industri Otomotif Nasional dan Peta Jalan Pengembangan Industri KBLBB.

Hal tersebut telah ditekankan pemerintah yang tertuang pada Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan KBLBB atau battery electric vehicle untuk Transportasi Jalan.

“Selain pameran EV Indonesia, GEM Indonesia juga mempersembahkan pameran berskala internasional lainnya di waktu yang sama, yaitu Transport & Logistics Indonesia 2022, Forklift Indonesia 2022, dan ConMine 2022 (teknologi pertambangan),” sambung Direktur Utama Global Expo Management (GEM) Baki Lee.

Forklift adalah kendaraan listrik komersial berbasis baterai sehingga komponen untuk forklift dan kendaraan listrik memiliki banyak kemiripan. Sedangkan Transport & Logistics Indonesia 2022 akan menghadirkan konsep smart logistics system seperti fleet management system, enterprise resource planning (ERP), dan teknologi pendukung lainnya.

“Dengan teknologi dan pembangunan infrastruktur di Indonesia, diharapkan biaya logistik Indonesia bisa semakin murah dan dapat bersaing di Asia Tenggara,” tandas Baki Lee.

Pameran-pameran tersebut akan diselenggarakan bersamaan dengan Busworld Southeast Asia 2022 yang mengedepankan pameran bus listrik.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Indonesia Sambut Elektrifikasi Industri Otomotif, Tantangannya?

Di tengah upaya eskalasi kontribusi sebagai basis produksi dan ekspor global, Indonesia menyongsong era elektrifikasi industri otomotif nasional.

OTOMOTIF | 1 Desember 2022

IKN Uji Coba Mobil Terbang pada 2024

IKN akan melakukan uji coba mobil terbang pada 2024. Hal itu dikatakan Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN.

OTOMOTIF | 30 November 2022

Alami Pecah Ban, Rifat Sungkar Finis Kelima AXCR 2022

Rifat Sungkar yang tergabung dalam tim Mitsubishi Ralliart berhasil finis di posisi kelima dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022.

OTOMOTIF | 28 November 2022

Pasar Otomotif Pulih, Ini Strategi BOLT Genjot Penjualan

Sejalan pulihnya permintaan otomotif pascapandemi, PT Garuda Metalindo Tbk (BOLT) mendorong penjualan dengan pengembangan produk dan pemasaran.

OTOMOTIF | 25 November 2022

Menhub: Mobil Listrik Masih Baru, Semoga Menginspirasi Masyarakat

Menhub berharap, mobil listrik yang relatif baru dapat menginspirasi masyarakat untuk memilikinya.

OTOMOTIF | 22 November 2022

Keuntungan Kendaraan Listrik, Lebih Irit hingga Dapat Insentif

Menhub Budi Karya membeberkan keuntungan menggunakan kendaraan listrik dibanding konvensional.

OTOMOTIF | 22 November 2022

Puji Investasi Toyota, Airlangga: Masa Depan Kendaraan Listrik Cerah

"Semoga investasi Toyota dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia dapat memunculkan investasi-investasi baru lainnya," kata Airlangga.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Ini Keunggulan Sistem Hybrid di Kijang Innova Zenix

Toyota menyematkan teknologi Toyota hybrid system generasi ke-5 pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Kijang Innova Zenix Hybrid Bakal Diekspor ke 13 Negara

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah memulai produksi All New Kijang Innova Zenix di pabrik perakitan Toyota di Karawang, Jawa Barat.

OTOMOTIF | 21 November 2022

Kijang Innova Zenix Hybrid Resmi Diluncurkan, Segini Harganya

PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Kijang Innova Zenix Hybrid. Kendaraan ini jadi model hybrid pertama yang diproduksi Toyota di Indonesia

OTOMOTIF | 21 November 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Argentina Unggul 1-0 Lewat Gol Messi

Piala Dunia 2022: Babak Pertama, Argentina Unggul 1-0 Lewat Gol Messi

SEMESTA BOLA 2022 | 36 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE