Logo BeritaSatu

Begini Rencana Bamsoet Bangun Sirkuit Balap di IKN Nusantara

Jumat, 21 Oktober 2022 | 20:33 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan, keluarga besar IMI siap membangun sirkuit balap mobil elektrik untuk Formula E dan motor elektrik internasional atau Green Circuit, di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Apalagi IMI memiliki sumber daya manusia yang punya pengalaman dalam membangun sirkuit.

"IMI memiliki sumber daya manusia yang luar biasa dan berpengalaman dalam membangun sirkuit. Salah satunya yakni Badan Pembina IMI Pusat Tinton Soeprapto, yang merupakan sosok profesional berpengalaman dalam membangun Sirkuit Internasional Sentul, sirkuit internasional pertama di Indonesia,” kata Bamsoet dalam keterangan resminya yang dikutip Beritasatu.com, Jumat (21/10/2022).

Advertisement

Untuk membangun sirkuit di kawasan IKN Nusantara, lanjut Bamsoet, IMI akan menggandeng para mitra kerja, sebagaimana dilakukan IMI dalam membangun Bintan International Circuit di Pulau Bintan, Batam dengan menggandeng Gallant Venture Pte LTD, perusahaan investasi asal Singapura. Serta dengan Agung Sedayu Group untuk membangun PIK 2 International Circuit great 1 di kawasan PIK Jakarta.

Wakil Ketua Umum partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia ini menerangkan, selain di kawasan IKN Nusantara, IMI juga akan membangun berbagai sirkuit di sekitar kawasan penyangga IKN Nusantara.

Sebagai salah satu bentuk keseriusan, IMI Kalimantan Timur di bawah kepemimpinan Ketua Narto Bulang sudah bekerja sama dengan Pemkab Berau dan Pemkab Paser untuk membangun sirkuit di Kabupaten Berau dan di Kabupaten Paser.

"Bahkan Ketua Harian IMI Kalimantan Timur Juniar Rizal sejak tahun 2018 telah menghibahkan lahan miliknya di Kampung Samburakat seluas 12 hektare kepada Pemkab Berau, diperuntukan bagi pembangunan sirkuit balap untuk motocross, grasstrack, road race, drag race, drag bike, hingga gokart. Diharapkan dari perusahaan sekitar Berau, seperti Berau Coal, dapat berkontribusi melalui CSR maupun berbagai bentuk kerja sama lainnya," ujarnya.

Bamsoet menambahkan, IMI juga siap menyukseskan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan IKN Nusantara sebagai showcase perubahan peradaban dan budaya bangsa, yang didukung implementasi teknologi informasi seperti penerapan konsep smart living dan smart city.

"Presiden Jokowi menargetkan sistem di IKN Nusantara terdigitalisasi sebanyak 80%, salah satunya dengan menyediakan angkutan umum tanpa awak. Melalui eHang 216 yang merupakan official aircraft IMI, keluarga besar IMI siap menjadikan eHang 216 sebagai alat transportasi udara di ibu kota baru,” ujarnya.

Sebagai kota hijau, Bamsoet menegaskan IMI juga mendukung penggunaan kendaraan listrik di kawasan IKN Nusantara, komitmen percepatan penggunaan kendaraan listrik telah dilakukan IMI dengan menjadikan Hyundai Ioniq sebagai official car IMI sejak tahun 2021 lalu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenhub: Perkembangan Mobil Listrik Cerah Ditopang SPKLU

Perkembangan mobil listrik dan motor listrik termasuk ekosistemnya makin bagus sejalan dengan pembangunan berbagai fasilitas pendukung.

OTOMOTIF | 3 Februari 2023

Kuasa Hukum Optimistis Richard Eliezer Akan Divonis Ringan

Kuasa hukum optimistis Bharada Richard Eliezer atau Bharada E akan divonis ringan karena statusnya sebagai justice collaborator perkara pembunuhan Brigadir J.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Produsen Eropa Jajaki Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Kemenperin telah menerima utusan pabrikan otomotif dari Eropa yang berniat membangun pabrik mobil listrik di Indonesia.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Insentif Pemerintah Tingkatkan Penjualan Mobil Listrik 30%

Insentif kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang tengah dibahas pemerintah tak hanya terbatas pada mobil listrik dan motor listrik, tetapi juga bus.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Tunggu Subsidi, Calon Pembeli Tunda Rencana Beli Motor Listrik

Banyak calon pembeli yang menunda rencana membeli motor listrik setelah mendengar wacana subsidi motor listrik.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Dukung Mobil Listrik, 1.273 SPKLU Akan Hadir di 2023

PT PLN pada tahun 2023 memproyeksikan bisa berkolaborasi untuk menghadirkan 1.273 SPKLU dari saat ini 588 unit.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Kendaraan Listrik Akan Dapat Insentif, Mulai Potongan Harga hingga SPKLU

Kendaraan listrik akan mendapat insentif dari pemerintah berupa potongan tarif kepada badan usaha yang menggarap SPKLU.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Hore! Beli Motor Listrik Baru Dapat Subsidi Rp 7 Juta

Kementerian ESDM memastikan nilai subsidi pembelian motor listrik baru dan konversi sebesar Rp 7 juta.

OTOMOTIF | 30 Januari 2023

Harga Mobil Listrik Bisa Mengalahkan LCGC? Ini Syaratnya

Harga mobil listrik murah, permintaan mobil listrik diyakini bakal terus meningkat, sehingga perlahan bisa menggantikan model low cost green car (LCGC).

OTOMOTIF | 30 Januari 2023

Pengamat Otomotif: Permintaan Mobil Listrik Cukup Besar, tetapi...

Pengamat otomotif Bebin Djuana melihat demand atau permintaan terhadap mobil listrik (battery electric vehicle/BEV) sebetulnya cukup besar.

OTOMOTIF | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menpora Amali Akui Trauma PSSI Dapat Sanksi dari FIFA

Menpora Amali Akui Trauma PSSI Dapat Sanksi dari FIFA

BOLA | 22 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE