PT Cakra Agri Tbk Ubah Nama Menjadi Cakra Mineral

 PT Cakra Agri Tbk Ubah Nama Menjadi Cakra Mineral
Ilustrasi pembangkit/pertambangan dalam rangka pertumbuhan ekonomi. ( Foto: Antara )
Ronna Nirmala / FER Senin, 8 April 2013 | 13:28 WIB

Jakarta - PT Citra Kebun Raya Agri Tbk (PT Cakra Agri) hari ini, Senin (8/4) resmi melakukan perubahan lini bisnis utama yang sebelumnya bergerak di bidang perkebunan menjadi sektor pertambangan khususnya pada sektor biji besi.

Atas rencana tersebut, melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar siang ini, PT Citra Kebun Raya Agri Tbk menjadi PT Cakra Mineral Tbk, dengan tetap menggunakan kode emiten mereka yang sebelumnya, yakni CKRA.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan CKRA, Dexter S. Putra mengatakan perubahan lini bisnis tersebut disebabkan oleh kinerja keuangan PT Cakra Agri pada tahun 2011 lalu kurang baik.

"Seperti yang kita ketahui, bisnis di mineral sangatlah bagus. Secara komoditas biji besi juga berbeda dari perkebunan. Kalau perkebunan kan cepat rusak, biji besi lebih tahan cuaca dan tidak cepat rusak,” kata Dexter di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Senin (8/4).

Lebih lanjut Dexter mengatakan, rencana perubahan lini bisnis tersebut juga dilakukan seiring dengan pembelian 440 juta lembar saham atau sekitar 88 persen dari seluruh modal PT Persada Indo Tambang (PIT), perusahaan pertambangan pada April 2012 lalu.

PIT sendiri telah melakukan operasi produksi pertambangan biji besi di Solok Selatan, Sumatera Barat pada sembilan bulan pertama tahun lalu dengan membukukan pendapatan sebesar Rp50,44 miliar dengan laba bersih komprehensif sebesar Rp3,207 miliar.