IHSG Masih dalam Fase Konsolidasi

IHSG Masih dalam Fase Konsolidasi
Ilustrasi Perdagangan Bursa Saham IHSG IDX ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Rabu, 4 Desember 2019 | 08:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Hariyanto Wijaya, analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, mengatakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup sedikit lebih tinggi +0,1 persen dipimpin oleh industri dasar dan sektor konsumen pada hari Selasa setelah diperdagangkan sideways pada siang hari.

Sektor konsumen mendapat sentimen positif dari pemulihan harga CPO yang dapat meningkatkan daya beli. Aliran keluar investor asing dari ekuitas Indonesia kehilangan momentum seiring dengan investor asing yang membukukan pembelian bersih pada ekuitas Indonesia sekitar IDR 17.4 miliar kemarin.

"Kami memperkirakan IHSG akan konsolidasi hari ini," kata dia dalam risetnya hari ini, Rabu (4/12/2019).

Indeks AS memperpanjang penurunan pada hari Selasa karena investor mencerna berita utama perdagangan yang suram. Presiden Trump mengatakan bahwa ia tidak melihat alasan untuk mempercepat perjanjian perdagangan dengan Tiongkok. Bahkan dia mengatakan bahwa mungkin lebih baik menunggu sampai setelah pemilihan presiden AS tahun 2020. Sementara itu, Presiden Trump mengumumkan dimulainya kembali tarif baja dan aluminium pada impor dari Brasil dan Argentina, sementara ISM melaporkan aktivitas pabrik AS terkontraksi untuk bulan keempat berturut-turut pada bulan November.



Sumber: BeritaSatu.com