Wall Street On Track Menuju Triwulan Terbaik Sejak 1998

Wall Street On Track Menuju Triwulan Terbaik Sejak 1998
Ilustrasi bursa saham AS Wall Street. (Foto: AFP / Johannes Eisele)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Selasa, 30 Juni 2020 | 21:07 WIB

New York, Beritasatu.com - Menutup triwulan terbaik sepanjang sejarah perdagangan Bursa Amerika Serikat, Wall Street dibuka relatif datar pada perdagangan hari ini, Selasa (30/6/2020).

Dow Jones Industrial Average turun 0,2 persen, Indeks S&P 500 naik 0,1 persen, dan Nasdaq naik 0,54 persen.

Indeks-indeks acuan menikmati pertumbuhan yang luar biasa di triwulan-II, menuju triwulan terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dow dan S&P 500 masing-masing naik lebih dari 16 persen sepanjang triwulan-II 2020 ini, terbaik sejak 1998. Sementara Nasdaq naik 28,2 persen di triwulan-II 2020, tertinggi sejak 2001.

Saham Wells Fargo turun 1,7 persen setelah bank itu mengatakan akan memangkas dividen triwulan ketiga untuk memenuhi ketentuan stress test the Fed. Sementara Bank of America, Citi, JPMorgan dan Goldman Sachs menjaga dividen mereka.

"Kombinasi stimulus, tren positif dalam perkembangan virus, pembukaan kembali ekonomi, dan harapan penemuan vaksin mendorong saham melaju di Q2. Memasuki ketiga, sentimen positif hanya tersisa faktor stimulus. Namun, bukan berarti Q3 akan terjadi koreksi (karena minim sentimen) dan jangan terlalu berharap akan ada reli pasar sampai kita menemukan sentimen-sentimen yang mampu mendorong pasar, karena jika stimulus ternyata mengecewakan, maka pasar akan mengalami hari yang buruk," kata Tom Essaye dari The Sevens Report.

Saham Wynn Resorts turun 1,6 persen, United Airlines turun 1,7 persen, dan Delta Airlines minus 0,8 persen seiring dengan naiknya kasus Covid-19 setelah aktivitas ekonomi dibuka kembali. Naiknya kurva Covid-19 menimbulkan kekhawatiran baru akan diberlakukannya kembali lockdown.



Sumber: BeritaSatu.com