"Vending Machine" Layanan Pembelian Tiket Terbaru PT KAI

Ilustrasi pembeli tiket kereta api mengantre untuk mendapatkan tiket. ( Foto: Antara/Noveradika )
Thresa Sandra Desfika / ED Jumat, 13 Maret 2015 | 20:02 WIB

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan PT Finnet Indonesia menggelar soft launching fasilitas layanan pembelian tiket terbaru di stasiun Pasar Senen, Jakarta, yakni vending machine.

Kebijakan ini diharapkan memudahkan calon penumpang untuk membeli tiket kereta api di stasiun-stasiun. Untuk tahap pertama, dua unit vending machine "ditanam" di stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

"Untuk tahap awal, mesin ini tersedia di stasiun Pasar Senen, Jakarta, sebanyak dua unit. Ke depan akan dikembangkan di 12 stasiun besar," kata Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, di sela acara soft launching E-Kiosk di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (13/3). Menurut Edi, keberadaan mesin dapat mengurai antrean tiket di sejumlah stasiun.

Bentuk kerjasama antara PT KAI dan PT Finnet berkonsep business to business. Yaitu, KAI menyediakan tempat, sementara PT Finnet mengadakan mesinnya yang harga per unitnya ditaksir mencapai Rp 60 juta.

"Pengadaan ini berbentuk business to business (B to B). Untuk stasiun di wilayah Jawa, hal ini tentu sangat menguntungkan mengingat banyaknya jumlah penumpang kereta api," pungkas Edi.