Jakarta Potensial Sebagai Destinasi Wisata Halal

Jakarta Potensial Sebagai Destinasi Wisata Halal
Pariwisata Halal Jakarta
Lenny Tristia Tambun / FER Jumat, 11 Januari 2019 | 15:17 WIB

Jakarta - Direktur Jasa Keuangan dan BUMN Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, sekaligus Kepala Sekretariat Komite Nasional Keuangan Syariah, Muhammad Cholifihani, mengatakan, pariwisata di DKI Jakarta harus segera berbenah. Telebih, Jakarta memiliki potensi yang sangat besar sebagai destinasi wisata halal.

"Di Jakarta ada lebih 40.000 kamar hotel berbintang, 5.000 masjid, 200 lebih destinasi wisata, dan 170 lebih mal. Selain itu, ada 8 juta lebih populasi muslim Jakarta," kata Cholifihani, Jumat (11/1).

Baca Juga: Jakarta Perlu Pembenahan Agar Menarik Bagi Wisatawan

Menurutnya, pada tahun 2016 Indonesia belum masuk dalam 10 besar pariwisata halal. "Sekarang, dengan makin seriusnya semua pihak terhadap pariwisata halal, Indonesia masuk dalam 5 besar pariwisata halal dunia," jelasnya.

Cholifihani menambahkan, peluang Indonesia sebagai pusat pariwisata halal dunia masih sangat besar. Hal itu tercermin dari jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia terus mengalami peningkatan sebesar 55 persen secara absolut, dari tahun 2014 sebesar 9 juta, menjadi 14 juta pada tahun 2017.

"Untuk Jakarta sendiri, saat ini jumlah wisatawan mancanegara ke DKI Jakarta baru sekitar 2 jutaan per tahun," kata Cholifihani.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE