Kolaborasi Masyarakat Dibutuhkan untuk Membangun Jakarta

Kolaborasi Masyarakat Dibutuhkan untuk Membangun Jakarta
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan arahan kepada aparatur sipil negara (ASN) di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dalam kegiatan Sosialisasi Manajemen Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (11/1). ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / FER Jumat, 11 Januari 2019 | 20:49 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI agar berkolaborasi bersama masyarakat untuk membangun Kota Jakarta.

Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan dalam kegiatan Sosialisasi Manajemen Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (11/1).

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dan Komisioner Komisi ASN, Waluyo.

"Kolaborasi dengan masyarakat telah dirumuskan melalui konsep gotong royong. Karena itu diharapkan, semua potensi yang terdapat di Ibu Kota dapat bergerak bersama. Sehingga, setiap permasalahan bukan hanya diserahkan dan diselesaikan seluruhnya oleh pihak pemerintah, melainkan terdapat peran kolaboratif dari masyarakat," kata Anies.

"Kita berharap fungsi kita bukan hanya menjadi pelayan (masyarakat) saja. Kita berharap ASN bisa menjadi penggerak. Bisa menggerakkan semua pihak untuk terlibat. (Melalui kegiatan ini) kita berharap ukuran kinerja bukan hanya internal. Kita mampu memobilisasi seluruh sumber daya yang ada di dalam kita, tapi juga di luar kita," tambahnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayan ini menerangkan tujuan kegiatan sosialisasi tersebut untuk menyatukan persepsi pengelolaan kinerja ASN sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Yakni meliputi perencanaan, pengembangan karir, kesejahteraan, dan pengendalian.

Selain itu, sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman utuh dalam penerapan manajemen kinerja ASN yang mampu berkolaborasi dengan masyarakat untuk mengentaskan masalah Jakarta bersama-sama.

"Ini mengawali babak baru karena sebagian dari Bapak dan Ibu, adalah pribadi yang baru mendapatkan amanat. Kita harapkan di 2019 ini, kita mendapatkan milestone-milestone baru dalam kinerja kita. Kita perlu kejar target itu. Kami berharap, DKI Jakarta menjadi pionir dari manajemen kinerja ASN yang baik," tegasnya.



Sumber: BeritaSatu.com