Sarana Jaya Siapkan 2 Proyek Hunian DP Nol Rupiah

Sarana Jaya Siapkan 2 Proyek Hunian DP Nol Rupiah
Pembangunan rumah susun untuk program hunian DP nol rupiah di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / FER Kamis, 7 Februari 2019 | 20:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah membangun hunian DP Nol Rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta Timur (Jaktim), Perumda Pembangunan Sarana Jaya akan membangun dua hunian DP nol rupiah baru. Kedua hunian tersebut, rencananya akan dibangun di wilayah Cilangkap dan Pulogebang, Jakarta Timur.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan mengatakan peletakan batu pertama (groundbreaking) kedua hunian DP nol rupiah tersebut akan dilakukan pada tahun ini. Sehingga pembangunannya bisa selesai pada tahun 2020.

"Ya kalau di Cilangkap sekitar April atau Mei lah paling lambat. Kalau di Pulogebang, mungkin setelah Lebaran, sekitar September atau Oktober," kata Yoory, Kamis (7/2).

Hunian tersebut akan dibangun diatas tanah yang merupakan aset Pembangunan Sarana Jaya. Luas lahan di Cilangkap ada 2,8 hektar dan di Pulogebang seluas 4 hektar.

Rencananya, hunian di Cilangkap akan dibangun sebanyak 900 unit. Sedangkan hunian di Pulogebang masih dihitung kemampuan kapasitasnya. Namun, dipastikan lebih banyak huniannya dibandingkan di Cilangkap.

"Untuk anggaran pembangunannya sebagian dari penyertaan modal daerah (PMD). Sebagian lagi dengan menggandeng pihak swasta atau dari penjualan atau dari perbankan. Jadi tidak semuanya pembangunan itu menggunakan dana PMD," ujar Yoory.

Selain kedua lokasi tersebut, kata Yoory, Perumda Pembangunan Sarana Jaya merencanakan akan membangun banyak hunian DP Nol Rupiah, karena diberikan target membangun hunian sebanyak 13.500 selama lima tahun kedepan.

"Iya target kita 13.500 unit sampai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI selesai lima tahun," terang Yoory.



Sumber: BeritaSatu.com