KPU DKI Pastikan Logistik Pemilu Sudah Sampai di TPS

KPU DKI Pastikan Logistik Pemilu Sudah Sampai di TPS
surat suara pilpres. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / WBP Selasa, 16 April 2019 | 09:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI memastikan distribusi logistik Pemilu 2019 yang terdiri dari kotak suara dan surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI dan DPRD DKI sudah sampai di tempat pemungutan suara (TPS) hari ini, Selasa (16/4/2019).

Ketua KPU DKI, Betty Epsilon Idrus mengatakan sampai sejauh ini penyiapan logistik Pemilu 2019 masih berjalan baik. “Komitmen kami dan teman-teman KPU kabupaten/kota masih terukur. Karena H-1, kotak suara dan surat suara sudah sampai di sekitar TPS kita,” kata Betty Epsilon Idrus di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Betty Epsilon Idrus memperkirakan logistik akan sampai seluruhnya ke TPS pada Selasa malam. Untuk menjamin keamanan kotak suara yang berisi surat suara, disimpan di kantor RT atau RW, dan dikunci. “Jadi seperti biasa waktu Pilgub DKI disimpan di tempat paling aman. Keamanan menjadi tanggung jawab Panitia Pemungutan Suara (PPS),” ujar Betty Epsilon Idrus.

Betty Epsilon Idrus memastikan surat suara yang didistribusikan dalam kondisi baik. Pasalnya, KPU kabupaten dan kota telah menyeleksi dan melipat surat suara sebelum dibagikan ke TPS-TPS. “Surat suara kita sortir, lalu lipat kembali untuk memastikan dalam kondisi baik. Kegiatan ini dilakukan di gelanggang olah raga (GOR) di 44 kecamatan. Sudah berlangsung hingga kemarin malam,” terang Betty Epsilon Idrus.

Diakui Betty Epsilon Idrus, memang ada surat suara yang rusak di antaranya, warna buram, kertas suara yang tertarik hingga ketumpahan tinta. Namun tidak ada kertas suara yang tercoblos. “Surat suara yang rusak tidak banyak. Saya tidak terlalu tahu detailnya berapa. Tapi semua surat suara yang rusak sudah diganti langsung oleh KPU RI,” papar Betty Epsilon Idrus.



Sumber: BeritaSatu.com