Kembali Raih WTP, Anies: Ini Babak Baru Perbaikan Akuntabilitas Keuangan Daerah

Kembali Raih WTP, Anies: Ini Babak Baru Perbaikan Akuntabilitas Keuangan Daerah
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan seusai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2018 dengan opini WTP di gedung DPRD DKI, Jakarta, Rabu (15/5/2019). ( Foto: Beritasatu.com / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / FMB Rabu, 15 Mei 2019 | 14:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan perolehan kembali Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini bukanlah akhir dari suatu proses perbaikan akuntabilitas pengelolaan keuangan di lingkup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tetapi merupakan titik awal untuk lebih meningkatkan kualitas akuntabilitas.

“Perolehan WTP bukan akhir dari sebuah proses perbaikan akuntabilitas di lingkup DKI Jakarta, tetapi merupakan babak baru untuk semakin meningkatkan kualitas akuntabilitas keuangan daerah,” kata Anies Baswedan seusai menghadiri rapat paripurna tentang Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) DKI Tahun Anggaran (TA) 2018 di gedung DPRD DKI, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Ia mengharapkan perolehan WTP terhadap LKPD DKI akan menjadi suatu yang normal setiap tahunnya. Namun, karena sekarang ini baru dua tahun berturut-turut DKI mendapatkan opini tertinggi BPK, ia melihat masih ada semangat yang luar biasa dari tim penyusun LKPD DKI Jakarta. Karena bisa keluar dari opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) ke WTP.

“Saya mengapresiasi kerja keras tim kita yang bekerja pagi siang sore malam, tanpa kenal lelah dengan motivasi luar biasa. Sehingga akhirnya bisa mendapatkan WTP. Laporan-laporan update selalu bermunculan jam dua, tiga pagi. Bahkan minggu lalu mereka sahur di kantor. Mereka ini all out. Kesungguhan mereka tidak hanya membawa semangat tetapi kebanggaan warga DKI Jakarta,” ujar Anies Baswedan.

Menurutnya, BPK memberikan opini WTP, ini merupakan penghargaan tertinggi atas proses peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

Pemberian opini WTP tersebut telah memberikan semangat kepadanya beserta segenap jajaran ASN Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus berupaya melakukan langkah perbaikan guna mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang tertib, transparan dan akuntabel.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPK RI yang terus memberikan rekomendasi melalui pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu yang dilakukan secara profesional,” terang Anies Baswedan.

Hal itu telah memacu Pemprov DKI untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan.

“Terima kasih juga saya sampaikan kepada Tim Pemeriksa BPK-RI yang telah bekerja keras, tanpa kenal letih sampai rela hingga larut malam, karena motivasi untuk menghasilkan Laporan Hasil Pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat,” pungkas Anies Baswedan.



Sumber: BeritaSatu.com