Warga Bisa Titip Anak saat Urus Layanan di Kantor Wali Kota Jakut

Warga Bisa Titip Anak saat Urus Layanan di Kantor Wali Kota Jakut
Layanan kependudukan dilaksanakan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Utara oleh petugas Dukcapil. ( Foto: Istimewa )
Carlos Roy Fajarta / WBP Senin, 8 Juli 2019 | 19:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bagi orang tua balita yang mengurus layanan publik di kantor Wali Kota Jakarta Utara bisa menitipkan anak di Tempat Penitipan Anak (TPA).

"Program ini sudah berjalan sejak Maret 2019 lalu, dimana Jakarta Utara merupakan tempat kedua yang memberikan layanan ini setelah kantor Balai Kota DKI Jakarta," ujar Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Utara, Budi Sulisiono, Senin (8/7/2019).

Dikatakannya, TPA tersebut memiliki tenaga pendidik atau pendamping anak layaknya TPA di pusat perbelanjaan maupun perkantoran di kota-kota besar.

"Operasional TPA menyesuaikan layanan publik di lingkungan kantor Wali Kota yakni Senin-Jumat jam 8 pagi hingga pukul 3 sore. Kami terbuka tidak hanya untuk anak aparatur sipil negara (ASN) namun juga bagi masyarakat yang sedang mengurus layanan," tutur Budi Sulisiono.

Ke depan, pihaknya akan membuka TPA di Kecamatan Pademangan dan Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Upaya mempermudah pelayanan publik di Jakarta Utara juga dilakukan dengan jemput bola layanan kependudukan dan catatan sipil di pusat perbelanjaan di Penjaringan Jakarta Utara pada 3-5 Juli lalu.

"Pelayanan kependudukan untuk mengurus KTP, KIA atau dokumen kependudukan lainnya kita lakukan dengan sistem jemput bola sesuai kebutuhan masyarakat baik di tempat permukiman penduduk maupun pusat perbelanjaan," ujar Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Utara, Erik Polim Sinurat.



Sumber: Suara Pembaruan