6 Ruas Trotoar Akan Direvitalisasi

6 Ruas Trotoar Akan Direvitalisasi
Pekerja mengerjakan proyek revitalisasi trotoar di Jalan Salemba, Jakarta Pusat, Senin, 29 Juli 2019. ( Foto: ANTARA FOTO / Aditya Pradana Putra )
Lenny Tristia Tambun / FMB Sabtu, 7 September 2019 | 10:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Kepala Dinas Bina Marga DKI, Hari Nugraha mengatakan ada enam trotoar di Jakarta yang sedang direvitalisasi. Ditargetkan revitalisasi enam trotoar ini akan rampung pada akhir 2019.

“Kalau bicara trotoar, kita lagi melakukan revitalisasi di enam titik. Yakni di Jalan Cikini Raya, Jalan Salemba Kramat, Jalan Kemang Raya, Jalan Prof Dr Stario, Jalan Prof Dr Latumenten dan Jalan Yos Sudarso,” kata Hari Nugraha, Sabtu (7/9/2019).

Revitalisasi trotoar dibuat secara komprehensif sebagai jalan yang ideal. Yakni, ada jalan, trotoar untuk pejalan kaki, guiding line untuk kaum disable, buffer amenities, saluran air dan rumah untuk kabel fiber optik.

“Semuanya kami buat complete stage. Jadi semuanya lengkap. Selain menata, kita juga menata kabel di udara. Kabel udara masuk ke dalam trotoar,” ujar Hari Nugraha.

Dia menjelaskan revitalisasi trotoar di Jalan Prof Dr Latumenten, Jakarta Barat, akan dilakukan sepanjang 3.500 meter. Trotoar akan diperlebar menjadi lima meter dari lebar eksisting hanya sekitar 1,5 meter saja.

Sedangkan untuk di Jalan Yos Sudarso, yang akan direvitalisasi sepanjang 3.200 meter. Akan diperlebar hingga 5-7 meter dari lebar eksisting sekitar 3,5 meter.

“Untuk keenam titik trotoar yang akan direvitalisasi, semuanya akan dibuatkan ramah untuk pejalan kaki. Juga dijadikan sebagai koridor interaksi dan kreasi seni budaya untuk komunitas seperti di Cikini Raya dan Kramat Raya,” jelas Hari Nugraha.



Sumber: BeritaSatu.com