Sarana Jaya Selesaikan Proses Pindahan Gratis Pemilik Rumah DP Rp 0

Sarana Jaya Selesaikan Proses Pindahan Gratis Pemilik Rumah DP Rp 0
Perumda Pembangunan Sarana Jaya selesaikan program pindahan gratis sejak bulan Oktober hingga akhir November 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Lona Olavia )
Lona Olavia / FMB Selasa, 3 Desember 2019 | 14:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perumda Pembangunan Sarana Jaya menyelesaikan program pindahan gratis sejak bulan Oktober hingga akhir November 2019. Program ini diperuntukkan bagi pemilik unit rumah DP Nol Rupiah Menara Samawa Nuansa Pondok Kelapa, yang telah menyelesaikan akad kredit dan serah terima unit.

Direktur Administrasi dan Keuangan PD Sarana Jaya, Bima Priya Santosa mengatakan, diberi nama Pindahan Nol Rupiah karena program ini merupakan bagian dari apresiasi terhadap para pemilik rumah DP Nol Rupiah, salah satu program unggulan Pemprov DKI Jakarta untuk memperluas akses kepemilikan rumah.

“Biaya pindahan rumah menjadi komponen yang cukup mahal saat ini. Karena itu kami berinisiatif mengadakan program Pindahan Nol Rupiah, sebagai bagian dari apresiasi terhadap para pemilik unit,” ucapnya di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Sejak diadakan bulan Oktober lalu, sudah ada 20 pemilik rumah yang mendapatkan layanan pindahan gratis ini. Bima menjelaskan bahwa program pindahan gratis ini baru pertama kali dilakukan oleh Perumda Pembangunan Sarana Jaya. Melihat dari respons para peserta program, bukan tidak mungkin program pindahan gratis ini dibuka kembali.

“Dari hasil penilaian kami terhadap para peserta program pindahan gratis ini, para pemilik unit di Nuansa Pondok Kelapa merasa sangat terbantu dengan acara ini. Mereka juga dimudahkan dalam urusan administratif saat masuk unitnya,” tambahnya.

Para peserta yang mendapatkan layanan pindahan gratis dari Perumda Pembangunan Sarana Jaya sangat antusias dan mengapresiasi program ini.

“Mengenai angkutan gratis amat sangat membantu kami, karena salah satu biaya yang terbesar di awal adalah biaya pindahan,” ucap Pranata, salah satu penghuni hunian di Menara Samawa, di Jakarta, Selasa (3/12).

Ia juga mengapresiasi Perumda Pembangunan Sarana Jaya yang secara aktif mensurvei para calon penghuni yang sudah serah terima unit untuk mendaftar di program pindahan ini.

Dalam program ini, semua disediakan mulai dari ongkos, fasilitas pindahan berupa truk atau mobil boks, helper hingga petugas pengecek kelengkapan barang. Peserta juga mendapatkan fasilitas mobil sewaan, yang terpisah dari mobil angkutan barang. 

Menara Samawa Nuansa Pondok Kelapa adalah properti pertama yang masuk dalam program DP nol rupiah yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta 31 Agustus 2019 lalu. Serah terima kunci telah dilakukan antara pengembang dengan 50 calon penghuni tahap awal menara pertama.

Rumah DP nol rupiah di Nuansa Pondok Kelapa dibangun di atas luas lahan 5.686 meter persegi, dengan total 21 lantai, terdiri dari 780 unit yang dibagi menjadi tiga tipe, yakni tipe studio berjumlah 240 unit, tipe satu kamar berjumlah 180 unit dan tipe 2 kamar berjumlah 360 unit.

Fasilitas yang terdapat di hunian ini yakni Balai Warga, PAUD, Taman Bermain Anak, Musala dan akses bus Transjakarta. Program rumah DP Nol Rupiah merupakan janji politik Gubernur Anies Baswedan, untuk menyelesaikan masalah pembiayaan perumahan dan ketimpangan di ibukota.



Sumber: Suara Pembaruan