Lagi, Pemkot Semarang Semprotkan Cairan Disinfektan

Lagi, Pemkot Semarang Semprotkan Cairan Disinfektan
Penyemprotan cairan disinfektan massal di sejumlah jalan protokol yang dipimpin oleh Walkot Semarang Hendrar Prihadi, Jumat (20/3/2020). ( Foto: ist )
Jayanty Nada Shofa / JNS Sabtu, 21 Maret 2020 | 11:16 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Sebagai upaya melawan penyebaran corona (Covid-19), sejumlah lokasi kerumunan dan jalan protokol di Semarang kembali disemprotkan cairan disinfektan pada Jumat (20/3/2020).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan kegiatan penyemprotan disinfektan massal ini harus diimbangi dengan partisipasi masyarakat. Di kala social distancing ini, wali kota yang akrab disapa Hendi ini menyatakan warga dapat berpartisipasi dalam pencegahan corona dengan membersihkan rumah secara serentak.

"Upayanya pencegahannya harus masif dan tidak bisa dari sisi pemerintah saja. Masyarakat bersihkan rumah masing-masing serentak pada hari Sabtu. Unit lain seperti perhotelan, ritel, serta swadaya melakukan pembersihan menyeluruh," himbau wali kota yang akrab disapa Hendi ini.

Adapun pada kegiatan penyemprotan ini, sekitar sepuluh truk tangki tersebar di beberapa titik.

Dua mobil tangki dikerahkan untuk bergerak di beberapa Jalan Imam Bonjol, Jalan Pandanaran, Jalan Menteri Supeno, dan Jalan Kyai Saleh.

Dengan jumlah mobil yang sama, Jalan Gajah Mada dan Jalan Johar turut disemprotkan cairan disinfektan.

Kemudian, tiga tangki DPU menyisir beberapa jalan protokol seperti Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Ki Mangunsarkoro, Jalan MH Thamrin, Jalan Siranda, dan Jalan Sriwijaya.

Sedangkan, tiga tangki Dinas Pemukiman ditempatkan di Jalan Brigjen Katamso, Jalan Veteran, Jalan Pahlawan, serta Jalan Pattimura.

"Partisipasi publik tetap penting. Hanya perannya tentu berbeda dengan yang dilakukan pemerintah. Menjaga rumah dan lingkungan tetap bersih, serta menjaga diri tetap sehat. Segela periksakan diri apabila sakit. Ini juga bentuk partisipasi publik," tutupnya.

Sebagai informasi, penyemprotan disinfektan massal ini akan terus dilakukan hingga situasi corona kondusif.



Sumber: PR