Logo BeritaSatu

Jateng Mulai Kirimkan Sembako untuk Perantau di Jabodetabek

Senin, 18 Mei 2020 | 11:42 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Semarang, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai mengirimkan paket sembako bagi perantau di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Pada tahap pertama ini, sebanyak 7.000 paket sembako didistribusikan untuk mereka yang tidak dapat mudik akibat pandemi virus corona.

Untuk menyemangati para perantau, Pemprov Jateng tidak lupa untuk memasang stiker "Tetap Semangat, Corona Pasti Minggat" pada paket sembako tersebut.

Secara rinci, paket sembako ini dibagikan kepada warga di Jakarta Timur (2.707 paket), Bogor (990 paket), Depok (1.027 paket), Tangerang (967 paket) dan Bekasi (1.309 paket).

"Untuk tahap pertama ini, belum semua dari daftar yang menerima. Baru mereka yang ada di Bodetabek. Di Jakarta, baru mereka yang ada di Jakarta Timur," ungkap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Semarang, Minggu (17/5/2020).

Adapun total warga Jateng di Jabodetabek yang tidak mudik dan sudah terverifikasi sebanyak 27.400 orang. Jumlah ini dapat bertambah lantaran pendaftaran penerima bantuan belum ditutup.

"Saya minta jangan ditutup pendaftarannya. Kemungkinan ada yang belum ter-cover dan datanya bertambah. Termasuk cadangan bagi mereka yang tercecer, tidak terdaftar di manapun, yang menghubungi saya langsung, ini harus tercover," terangnya.

Lebih lanjut, paket sembako yang dibagikan terdiri dari beras, sarden, kornet, minyak goreng, kecap dan kebutuhan lainnya.

Bantuan beras langsung dikirim dari Jateng, sedangkan bahan makanan lainnya dibeli di Jakarta oleh PT Pos Indonesia selaku rekanan yang digandeng Pemprov Jateng untuk mendistribusikan bantuan.

"Bantuannya sembako. Kalau uang, saya khawatir dibelikan untuk yang lain seperti rokok atau pulsa. Makanya kami fokus ke makan dulu, minimal mereka tenang karena di rumah ada makanan. Kalau itu bisa, maka apapun bisa dilakukan dan mudah-mudahan mereka tetap bisa survive," tandasnya.

Selain Jabodetabek, Ganjar juga akan memperhatikan warganya yang ada di daerah lain termasuk mereka yang di luar Jawa maupun luar negeri.

"Kami tetap berusaha respon meskipun tidak terlalu banyak. Kami tetap coba urus seoptimal mungkin," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Jateng di Jakarta Wachyu Alamsyah mengatakan, bantuan paket sembako tahap kedua bagi perantau di Jabodetabek akan didistribusikan seusai lebaran.

"Total yang sudah mendaftar dan terverifikasi ada 28.000-an orang. Tahap pertama ini, 7.000 paket kami serahkan, sisanya nanti habis lebaran," tutup Alam.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings