Ganjar Dukung Pencanangan Salatiga Sebagai Kota Empat Pilar
Logo BeritaSatu

Ganjar Dukung Pencanangan Salatiga Sebagai Kota Empat Pilar

Kamis, 1 April 2021 | 14:16 WIB
Oleh : JNS

Salatiga, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendukung pencanangan Kota Salatiga sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili.

Menurut Ganjar, predikat "Kota Empat Pilar" sesuai dengan Kota Salatiga yang disebut sebagai kota paling toleran di Indonesia dan kreatif dalam mengolah bahan pangan menjadi beragam produk.

"Ada banyak hal yang membuat kita mau ke kota ini. Salatiga ini berkali-kali memang menjadi kota toleran. Jadi tepat kalau dicanangkan sebagai Kota Empat Pilar. Kita harus bisa memberikan contoh baik terkait toleransi, termasuk narasi-narasi dengan budaya," kata Ganjar, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (31/3/2021).

Terkait pencanangan sebagai Kota Vanili, Ganjar menilai pilihan tanaman vanili sangatlah tepat untuk dikembangkan, apalagi dengan program satu rumah sepuluh pohon. Terlebih, nilai jual vanili, bahkan di ranah ekspor terbilang cukup bagus.

"Bicara Kota Vanili tidak berhenti dalam arti menanam, itu saja tidak cukup. Harapan kami nanti ada hilirisasi sampai ke tingkat processing bahkan fermentasi sehingga harga jual bisa berlipat. Di sini punya pengalaman untuk processing seperti mengolah bahan singkong menjadi produk dengan banyak varian," katanya.

Ganjar menambahkan Pemprov Jawa Tengah juga akan memfasilitasi pelatihan dan pendampingan.

"Umpama diberikan pelatihan dan cara mendesain. Kami juga siapkan pendampingan bagaimana cara berdagang," ungkapnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjelaskan, pemilihan Kota Salatiga sebagai Kota Empat Pilar karena kota di lereng Merbabu tersebut belum lama ini dinobatkan sebagai kota paling toleran. Bahkan, dalam perjalanannya, beberapa kali menempati tiga besar kota paling toleran di Indonesia.

"Kota ini luar biasa tolerannya. Ini sangat penting sebagai contoh dalam menjaga apa yang sudah disusun oleh pendiri bangsa," katanya.

Berdasarkan data yang ada, lanjutnya, Indonesia merupakan negara kedua pemasok vanili terbesar di dunia. Vanili Indonesia telah memasok 30% kebutuhan vanili dunia.

"Vanili merupakan salah satu unggulan di antara banyaknya tanaman pangan unggulan di Indonesia," ungkap Bamsoet.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menambahkan Kota Salatiga merupakan pilar dari segala pilar di Indonesia. Hal itu dilihat dari bagaimana toleransi di kota tersebut sangat dijunjung tinggi, begitu juga dengan kreativitas dalam hal pertanian.

"Pendekatan toleransi di sini bagus sehingga kotanya damai dalam keberagaman. Soal vanili harus dikembangkan lagi seperti membenahi kelembagaan, konsepsi yang benar, dan ujungnya adalah pengelompokan dan adanya pabrik-pabrik kecil," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ganjar: Jateng Siap Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menanggapi soal rencana penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada bulan Juli 2021.

PEMDA | 31 Maret 2021

Cek Gudang Bulog, Ganjar Temukan Serapan Gabah Petani Rendah

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menemukan serapan gabah petani yang rendah saat meninjau gudang Bulog Banaran, Delanggu, Klaten, Senin (29/3/2021).

PEMDA | 29 Maret 2021

Ganjar Tinjau Vaksinasi Covid-19 Bagi Pegiat Wisata di Solo

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau proses vaksinasi Covid-19 bagi sejumlah pegiat wisata.

PEMDA | 29 Maret 2021

Ganjar Dukung Usulan Prioritas Vaksin bagi Warga Binaan

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendukung usulan prioritas vaksin bagi warga binaan, mengingat mereka tergolong sangat rentan terpapar Covid-19.

PEMDA | 26 Maret 2021

Bersama Gus Miftah, Pemprov Jateng Gelar Pengajian

Pemprov Jateng menggelar pengajian bertajuk "Penguatan Iman bagi Generasi Milenial Dalam Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 bersama Gus Miftah.

PEMDA | 25 Maret 2021

Ganjar: Tidak Ada Penolakan Vaksinasi Covid-19 di Jateng

Ganjar optimis percepatan program vaksinasi bisa dilakukan, mengingat antusiasme masyarakat Jateng sangat tinggi.

PEMDA | 24 Maret 2021

Tilang Elektronik ETLE Resmi Diluncurkan di Jateng

Penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) kini telah diluncurkan di Jawa Tengah (Jateng).

PEMDA | 23 Maret 2021

Mulai 5 April, 140 Sekolah di Jateng Uji Coba Belajar Tatap Muka

Pemprov Jawa Tengah akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap pertama di 140 sekolah tingkat SMP, SMA SMK dan MA.

PEMDA | 22 Maret 2021

Ganjar Harap Sentra Vaksinasi Juga Dibuka di Solo dan Banyumas

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Sentra Vaksinasi Covid-19 juga dibuka di Kota Solo dan Banyumas.

PEMDA | 22 Maret 2021

Jateng Terima 38 Unit GeNose C19 dari UGM

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menerima sebanyak 38 unit Genose C19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Jumat (19/3/2021).

PEMDA | 20 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS