Ganjar Ikut Bantu Pendataan Keluarga BKKBN di Semarang
Logo BeritaSatu

Ganjar Ikut Bantu Pendataan Keluarga BKKBN di Semarang

Kamis, 1 April 2021 | 17:53 WIB
Oleh : JNS

Semarang, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengawali pelaksanaan program Pendataan Keluarga 2021 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Semarang dengan ikut terlibat menjadi petugas pendata lapangan, Senin (1/4/2021).

Diketahui, pendataan keluarga BKKBN ini digelar serentak se-Indonesia pada 1 April-31 Mei 2021. Pendataan dilakukan untuk validasi data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Sambil melakukan pendataan di Jalan Bedagan, Sekayu, Semarang Tengah, Gubernur Ganjar juga ikut memastikan apakah anggota keluarga yang sudah lansia sudah menerima vaksin Covid-19.

“Mas, ibunya segera didaftarkan biar cepet divaksin. Ayo panjenengan harus lakukan segera,” tegas Ganjar, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya.

Ia juga mengimbau pada warga agar membantu petugas yang melakukan pendataan dengan cara menyiapkan data keluarga secara lengkap sehingga proses pendataan dapat berlangsung cepat. Selain itu, petugas pendataan yang turun ke lapangan juga diminta Ganjar membawa identitas yang lengkap, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan di kalangan warga.

“Keluarga membantu menyiapkan data dengan baik, dan tanyakan petugasnya. Berikan data terakhir agar seluruh pencatatan pendataan ini betul-betul lengkap,” ujarnya.

“Harapan kita ini akan jadi big data yang baik, datanya cukup lengkap sehingga nanti kalau kita ingin mengolah data untuk memberikan bantuan, mengerti kondisi keluarga masing-masing pemerintah akan bisa menyajikan data paling detail,” tambah Ganjar.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Widwiono mengatakan, program ini dilakukan lima tahun sekali di seluruh Indonesia untuk mendata semua keluarga.

"Beda dengan sensus penduduk. Ini memang fokusnya pada keluarga, jadi tentang informasi keluarga. Itu yang kita data, yang kita catat di situ," ujar Widwiono.

Di Jawa Tengah, ada sekitar 11,4 juta keluarga yang akan didata dengan mengerahkan sekitar 8.600 orang petugas.

“Mereka akan meng-cover seluruh keluarga di 35 kabupaten dan kota. Mereka sebelumnya telah menjalani pelatihan sejak satu bulan lalu. Dengan pelatihannya mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten kota, kecamatan, desa, sampai RT RW,” lanjutnya.

Untuk antisipasi pendataan keluarga yang berada di luar kota, BKKBN akan mendata keluarga di mana mereka tinggal pada enam bulan nanti.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ganjar Dukung Pencanangan Salatiga Sebagai Kota Empat Pilar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendukung pencanangan Kota Salatiga sebagai Kota Empat Pilar dan Kota Vanili.

PEMDA | 1 April 2021

Ganjar: Jateng Siap Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menanggapi soal rencana penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada bulan Juli 2021.

PEMDA | 31 Maret 2021

Cek Gudang Bulog, Ganjar Temukan Serapan Gabah Petani Rendah

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menemukan serapan gabah petani yang rendah saat meninjau gudang Bulog Banaran, Delanggu, Klaten, Senin (29/3/2021).

PEMDA | 29 Maret 2021

Ganjar Tinjau Vaksinasi Covid-19 Bagi Pegiat Wisata di Solo

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau proses vaksinasi Covid-19 bagi sejumlah pegiat wisata.

PEMDA | 29 Maret 2021

Ganjar Dukung Usulan Prioritas Vaksin bagi Warga Binaan

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendukung usulan prioritas vaksin bagi warga binaan, mengingat mereka tergolong sangat rentan terpapar Covid-19.

PEMDA | 26 Maret 2021

Bersama Gus Miftah, Pemprov Jateng Gelar Pengajian

Pemprov Jateng menggelar pengajian bertajuk "Penguatan Iman bagi Generasi Milenial Dalam Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 bersama Gus Miftah.

PEMDA | 25 Maret 2021

Ganjar: Tidak Ada Penolakan Vaksinasi Covid-19 di Jateng

Ganjar optimis percepatan program vaksinasi bisa dilakukan, mengingat antusiasme masyarakat Jateng sangat tinggi.

PEMDA | 24 Maret 2021

Tilang Elektronik ETLE Resmi Diluncurkan di Jateng

Penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) kini telah diluncurkan di Jawa Tengah (Jateng).

PEMDA | 23 Maret 2021

Mulai 5 April, 140 Sekolah di Jateng Uji Coba Belajar Tatap Muka

Pemprov Jawa Tengah akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap pertama di 140 sekolah tingkat SMP, SMA SMK dan MA.

PEMDA | 22 Maret 2021

Ganjar Harap Sentra Vaksinasi Juga Dibuka di Solo dan Banyumas

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Sentra Vaksinasi Covid-19 juga dibuka di Kota Solo dan Banyumas.

PEMDA | 22 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS